Jivunben Rabari menjadi salah satu perempuan tertua di dunia yang melahirkan anak di usia 70 tahun/ Net
Jivunben Rabari menjadi salah satu perempuan tertua di dunia yang melahirkan anak di usia 70 tahun/ Net
KOMENTAR

JIVUNBEN Rabari, seorang perempuan berusia 70 tahun di India berhasil melahirkan bayi laki-laki pertamanya melalui program bayi tabung pada 19 Oktober 2021 lalu.

Lahirnya putra pertama Jivunben dan Rabari sudah ditunggu lama oleh pasangan yang sudah menikah selama 46 tahun.

Sang suami, Rabari sendiri saat ini usianya 75 tahun. Kelahiran anak di pada usia 70 tahun, bisa dibilang sangat langka, kemungkinan hamil hampir tidak terjadi karena Jivunben sendiri sudah menopause. Namun, berkat program bayi tabung, pasangan dari India ini bisa mendapatkan bayi yang mereka tunggu-tunggu.

Dilansir dari Times of India, pasangan yang tinggal di Desa Mora, Gujurat ini mengidam-idamkan ingin punya anak selama bertahun-tahun ini, namun tidak pernah berhasil.

"Ketika mereka pertama kali datang, kami memberi tahu mereka bahwa mereka tidak dapat memiliki anak di usia yang begitu tua, tingkat keberhasilam program bayi tabungnya kecil. Tapi mereka bersikeras. Mereka mengatakan bahwa banyak anggota keluarga mereka melakukannya juga. Ini adalah salah satu kasus paling langka yang pernah saya temukan," ujar dokter Naresh Bhanushali.

Melihat pasiennya sangat semangat, dr Naresh  pun tertantang. Karena melihat usia dan faktor lain. Sebagai langkah upaya kesuksesan program bayi tabungnya, dokter membuat siklus menstruasi Juvinben secara terukur dengan meresepkan obat-obot oral. Tak hanya itu,  Dr Bhanushali  juga melebarkan rahim Jivunben yang menyusut karena usia.

"Kami membuahi sel telurnya dan menciptakan blastokista dan memindahkannya ke rahim," tuturnya.

Meski kandungannya tak sampai 9 bulan, pada usia kehamilan delapan bulan, para dokter melakukan operasi caesar, bayi laki-laki dilahirkan dalam keadaan sehat.

"Saya merasa diberkati untuk dapat menggendong bayi saya sendiri. Saya sempat kehilangan harapan untuk jadi seorang ibu," kata Jivunben, yang pernah menjalani dua tahun perawatan bayi tabung dan dua kali gagal.

Meski terbilang langka, di India setidaknya sejak tahun 2016 sudah tercatat juga 2 perempuan yang melahiran di usia 70 dan 74 tahun. Daljinder Kaur melahirkan di usia 70 tahun dan di tahun 2019, Erramatti Mangayamma, melahirkan bayi kembarnya lewat proses bayi tabung di usia 74 tahun.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News