post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

TINGGINYA animo masyarakat akan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, ditanggapi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Jika sebelumnya pemerintah sudah menyiapkan vaksinasi Gotong Royong untuk perusahaan yang ingin melaksanakan vaksinasi bagi karyawannya, saat ini juga sudah disiapkan vaksinasi individu mandiri.

Vaksinasi individu ini tentunya tidak gratis, alias berbayar. Siapa saja bisa membeli vaksin individu ini di Klinik Kimia Farma. Layanan tersebut tersedia pada Senin (12/7) besok.

"Iya (berbayar), bisa diakses individu," kata Jubir Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi, Minggu (11/7).

Layanan vaksin berbayar ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang merupakan perubahan kedua atas Permenkes No 10 Tahun 2021.

Lalu, berapa harganya?

Terkait harga vaksin, pada 11.Mei 2021 Menkes Budi Gunadi Sadikin mengeluarkan Keputusan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021, bahwa harga vaksin dipatok Rp 321.660 per dosis dengan tarif maksimal pelayanan sebesar Rp 117.910 per dosis.

Jadi, warga yang ingin mendapatkannya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 879.140 untuk vaksinasi penuh (2 dosis).

Karena berbayar, maka vaksin yang diberikan bukanlah Sinovac maupun AstraZeneca. Vaksin yang bisa dibeli di Klinik Kimia Farma tersebut adalah Novavax, Sinopharm, Sputnik V, dan Moderna.

 

Cukup Sekali Saja, Vaksin Jhonson & Jhonson untuk Siapa?

Sebelumnya

Sebuah Cara Mengenal Penutup Kepala Perempuan Nusantara

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News