post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ISOLASI mandiri kini menjadi pilihan utama bagi pasien Covid-19 bergejala ringan. Mengingat ketersediaan ruangan di sejumlah rumah sakit khusus isolasi Covid milik pemerintah diperuntukkan bagi pasien bergejala berat.

Saat melakukan isolasi mandiri, biasanya pasien disatukan dengan keluarga yang tidak terinfeksi. Namun, segala aktivitasnya dibatasi dan diberlakukan protokol kesehatan ketat.

Pasien dibantu oleh satu orang anggota keluarga yang tak terinfeksi dalam melakukan aktivitas. Mulai dari menyediakan makanan hingga membersihkan pakaian.

Namun hingga saat ini masih menjadi pertanyaan, apakah saat membantu pasien isoman mencuci pakaiannya maka kita akan tertular virus? Bagaimana cara tepat dan aman agar tidak tertular?

Mengutip dari prevention.com, seorang Profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Rutgers, Robert Laumbach mengatakan, lebih mudah tertular virus lewat kontak fisik dengan pasien positif Covid dibandingkan menyentuh pakaian kotornya.

Jadi, tidak mengapa membantu pasien mencuci pakaiannya. Adapun cara aman dan tepat mencuci pakaian keluarga yang terinfeksi virus Corona sebagai berikut:

1. Kenakan masker dan sarung tangan saat mengambil pakaian dan selama proses mencuci pakaian.

2. Gunakan air hangat dan detergen untuk mencuci pakaian. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan suhu air antara 60-90 derajat Celcius.

3. Keringkan pakaian dan jemur seperti biasa.

4. Selesai mencuci, bersihkan keranjang pakaian dengan sabun/deterjen dan air mengalir.

5. Sebelum dimasukkan ke lemari, semprotkan desinfektan ke pakaian yang sudah kering. Jika tidak, virus yang menempel berpotensi tetap hidup meski pakaian telah dicuci.

CDC menyarankan untuk langsung membersihkan/mencuci pakaian pasien isoman yang telah dipakai. Dan ditegaskan pula bahwa aman mencuci baju kotor orang yang sakit bersamaan dengan pakaian yang sehat.

 

Seberapa Besar Risiko Tertular Covid-19 Saat Membeli Makanan Online?

Sebelumnya

Bukan Perkara Uang Yang Kurang, Tapi Self-Control Yang Perlu Diperbaiki

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family