Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan terjaminnya kehidupan para tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, tenaga ahli, juga staf yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan
Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan terjaminnya kehidupan para tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, tenaga ahli, juga staf yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan
KOMENTAR

WORLD Health Organization (WHO) menetapkan tahun 2021 sebagai International Year of Health and Care Workers (YHCW). Dengan tema "Protect. Invest. Together", YHCW bertujuan sebagai apresiasi dan tanda terima kasih bagi dedikasi tanpa batas para tenaga kesehatan yang berjuang melawan pandemi Covid-19.

Tema yang diangkat fokus pada kebutuhan mendesak dalam investasi terkait para tenaga kesehatan, untuk mendapatkan  bonus baik dalam pelayanan kesehatan, pekerjaan, juga kesempatan dan kesetaraan ekonomi.

Pada tahun ini, WHO mengharapkan dukungan dan aksi nyata masyarakat dunia untuk memastikan bahwa para tenaga kesehatan mendapat dukungan, perlindungan, motivasi, dan fasilitas selama memberikan pelayanan kesehatan sepanjang waktu, tidak hanya selama pandemi Covid-19.

WHO meminta anggota masyarakat untuk aktif mengajak anggota masyaraat lain dalam memberikan investasi tambahan bagi para tenaga kesehatan.

Ada 5 tujuan yang ingin dicapai dalam YHCW seperti dimuat dalam situs resmi WHO.
1.    Memprioritaskan vaksin kepada seluruh tenaga kesehatan dalam 100 pertama di tahun 2021.
2.    Mengingat jasa para tenaga kesehatan yang telah meninggal dunia selama pandemi.
3.    Memobilisasi komitmen dari negara-negara anggota, lembaga pembiayaan internasional, juga mitra bilateral dan filantropi untuk melindungi dan berinvestasi pada tenaga kesehatan untuk mempercepat pencapaian SDGs dan pemulihan Covid-19.
4.    Melibatkan negara-negara anggota dan semua pemangku kepentingan yang relevan dalam dialog tentang kepedulian melindungi hak-hak tenaga kesehatan, pekerjaan yang layak, juga lingkungan praktik kerja.
5.    Menyatukan komunitas, para influencer, dukungan solidaritas politik dan sosial, advokasi, juga perawatan para tenaga kesehatan.

Pesan kunci dari kampanye International Year of Health and Care Workers 2021 adalah urgensi untuk berinvestasi pada tenaga kesehatan.

Hal itu berarti memastikan adanya proteksi dan kondisi kerja yang layak bagi para tenaga kesehatan. Salah satunya adalah investasi tambahan untuk pendidikan dan jabatan mereka. Investasi tambahan itu demi mendukung visi investasi pada masyarakat sebagai pondasi dalam rangka Health for All. Dengan melakukannya bersama-sama, komunitas dunia memiliki kesempatan untuk mewujudkan visi tersebut.

Setiap anggota masyarakat dapat berpartisipasi dalam YHCW 2021 dengan aktif menyuarakan investasi tambahan bagi para tenaga kesehatan. Bisa juga dengan membagikan materi kampanye YHCW sebagai bentuk dukungan dan mengadvokasi para tenaga kesehatan. Bagaimana pun juga, masyarakat tidak bisa memungkiri banyak negara yang masih begulat dengan berbagai tantangan terkait tenaga kesehatan, bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19.

Pandemi harus bisa membuka mata tentang urgensi peran para tenaga kesehatan di tengah masyarakat.

Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan terjaminnya kehidupan para tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, tenaga ahli, juga staf yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan dan perawatan. Dengan demikian, mereka bisa fokus bekerja dan melayani masyarakat sekali pun kelak pandemi telah usai.

 

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News