post image
KOMENTAR

MELLY Goeslaw adalah salah satu selebriti Tanah Air yang sejak lama berani menyuarakan kepeduliannya terhadap rakyat Palestina.

Bukan hanya berbicara atau menggelar konser penggalangan dana untuk rakyat Palestina, di penghujung tahun 2017, Melly Goeslaw berangkat ke Palestina dalam perannya sebagai salah satu Duta Kemanusiaan Indonesia.

Ia bersama rombongan—termasuk penyanyi religi Opick—bertolak ke Palestina demi misi kemanusiaan serta mengirim langsung bantuan dari masyarakat Indonesia. Kepergian Melly dilepas oleh sang suami, Anto Hoed serta dua anaknya, Abe dan Ale di bandara Soekarno Hatta.

Empat tahun berlalu, Palestina kembali membara. Sheikh Jarrah dan Gaza diteror serangan militer Israel yang bertubi-tubi. Dengan alasan memburu Hamas, roket-roket Israel menghantam permukiman masyarakat sipil dan berbagai fasilitas publik di Gaza. Kota itu pun hancur, luluh lantak.

Demikian pula warga Palestina di Sheikh Jarrah yang diusir dari rumah-rumah mereka, dijarah, ditahan, dan dihukum mati dengan aturan yang sangat diskriminatif.

Pada 13 Mei 2021, Melly mencari tahu kondisi terkini Palestina dengan mengadakan Live Indonesia-Gaza via Instagram. Ia berbincang dengan Muhammad Husein, WNI sekaligus aktivis kemanusiaan yang tinggal di Gaza bersama istrinya, Jinan Ar-Raqb yang seorang warga Palestina.

Selama berbincang dengan Husein dan Jinan, Melly tak kuasa menahan air matanya. Terlebih lagi saat Husein mengatakan betapa traumanya rakyat Gaza dan butuh waktu lama bagi Gaza untuk bangkit dan pulih. Pada saat itu Jinan juga meminta rakyat Indonesia untuk tak lupa mendoakan rakyat Palestina dan terus menyuarakan berita tentang Palestina melalui media sosial untuk melawan pemberitaan tak berimbang di media-media besar.

Tidak bisa pergi ke Palestina, terutama dengan kondisi pandemi seperti saat ini, Melly tak kehabisan cara untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Melly mengaransemen ulang lagu lawasnya, Catatanku, yang menjadi soundtrack sinetron Buku Harian Baim menjadi lagu Jangan Menangis. Lagu ini sebagai ungkapan penyemangat bagi rakyat Palestina sekaligus memberitahu mereka bahwa masyarakat Indonesia selalu berdiri untuk membela kebebasan Palestina. Lagu itu dirilis ke publik pada Jumat, 4 Juni 2021.

Dengan rendah hati, Melly tak sendiri menyanyikan lagu ciptaannya. Melihat kepedulian banyak selebriti Indonesia terhadap kemerdekaan rakyat Palestina, lagu Jangan Menangis pun dinyanyikan oleh banyak artis.

Ada Opick, Krisdayanti, Hedy Yunus, Rossa, Rieka Roeslan, Tere, Cakra Khan, Rizal Armada, Umaru Takaeda, juga dua penyanyi dangdut senior, Iis Dahlia dan Kristina. Ada pula Syahrini bersama Aisyahrani, Armand Maulana, Lucky Resha, Tike Priatnakusuma, hingga Oki Setiana Dewi, Zaskia Adya Mecca, Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Juga kelompok musik Not Tujuh dan Adam Musik.

Tidak hanya penyanyi, selebriti yang sudah berhijrah pun ikut bernyanyi di lagu ini. Ada Dude Harlino, Ramzi, Roger Danuarta, Irfan Hakim, pasangan Dimas Seto dan Dhini Aminarti, Arie Untung dan Fenita Arie, juga aktris senior Iranty Purnamasari dan Baby Zelvia.

Menariknya, hadir pula Raffi Ahmad yang mengajak putranya Rafathar, Baim Wong bersama Kiano, juga Kabay, putra Ferry Maryadi-Deswita Maharani.

Jangan Menangis bertambah syahdu dengan dilantunkannya bait-bait penggunggah semangat menggunakan bahasa Arab yang liriknya ditulis Ustaz Faiz dari @bacakitabulama.

Melly memang menuliskan credit title yang panjang untuk lagu ini. Tak hanya mengucapkan terima kasih kepada para sahabatnya yang berpartisipasi menyumbang vokal, tapi juga kepada aktivis, jurnalis, dan fotografer yang menyumbangkan materi video anak-anak Palestina yang ditayangkan di awal dan akhir video klip.

Allah, kuberserah pada-Mu

Kami ikut maumu Allah

Jangan menangis

Kami di sini

Berdiri untuk Palestine

Close X

Berhijrah, Sinead O’Connor Memilih Jadi Penulis Dan Siap Tinggalkan Dunia Musik

Sebelumnya

Ungkapkan Cinta, Ria Ricis Ubah Judul Buku Demi Almarhum Papa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA