post image
Raja Easa Al Gurg/ Net
KOMENTAR

DI antara The World's 100 Most Powerful Women, Raja Easa Al Gurg, pengusaha asal Dubai masuk dalam list yang dibuat oleh Forbes. Raja Easa Al Gurg lewat kiprahnya sebagai pebisnis berada di rangking 89 dalam daftar Forbes "The World’s Most Powerful Women 2020". 

Untuk lingkungan nasional, Forbes menempatkan perempuan yang biasa disapa Al Gurg ini di tempat ketiga pada Daftar 100 Wanita Pengusaha Arab Terkuat 2020.

Siapa Al Gurg dan apa kiprahnya?

Mengutip dari berbagai sumber, Raja Al Gurg  merupakan lulusan dari Universitas Kuwait pada tahun 1977  jurusan Sastra Inggris. Lulus kuliah ia menjabat sebagai kepala sekolah Zabeel Secondary School for Girls dari 1978 hingga 1989. Setelah 11 tahun mengabdikan diri di dunia pendidikan, pada tahun 1989 Al Gurg bergabung dengan Dewan Direksi Grup Easa Saleh Al Gurg.

Saat ini, Al Gurg adalah direktur pelaksana dan wakil ketua Easa Saleh Al Gurg Group (ESAG) yang berbasis di UAE, sebuah perusahaan besar milik keluarga dan telah telah beroperasi selama lebih dari 60 tahun .  

Selain sebagai pebisnis, Al Gurg juga dikenal sebagai seorang pendukung kesetaraan gender. Untuk kiprahnya ini, Al Gurg, terpilih sebagai Presiden Dewan Wanita Bisnis Dubai, dan sebagai anggota dewan Asosiasi Wanita serta Kamar Dagang dan Industri Dubai. Al Gurg  juga menjadi  wanita Emirat pertama yang diangkat menjadi dewan direksi HSBC Timur Tengah.

Bisnis yang dijalaninya bukan bisnis biasa. Ia memiliki 27 perusahaan yang beroperasi di beberapa industri seperti ritel, konstruksi dan real estat, juga memiliki usaha patungan dengan merek seperti Siemens dan Unilever. Atas kiprahnya di bidang bisnis dan perdagangan,  Al Gurg dianugerahi gelar Doktor Kehormatan oleh Queen's University Belfast.

Peduli akan wabah pandemic Covid-19 yang sedang terjadi, lewat  yayasan amalnya , Al Gurg, memberikan bantuan sebesar $ 3,5 juta untuk mendukung pemerintah  UAE meringankan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

Pada Desember 2019, Dr. Raja Easa Al Gurg merilis otobiografinya yang berjudul "Raja Al Gurg - An Autobiography." Peluncuran autobiografinya ini menorehkan namanya sebagai pengusaha wanita Emirat pertama yang menulis dan merilis autobiografi.

 

Dwina Septiani Wijaya, Sosok Penanggung Jawab Percetakan Uang Negara

Sebelumnya

Amal Clooney Terpilih jadi Penasihat Khusus untuk Mahkamah Pidana Internasional

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women