KOMENTAR

INDONESIA adalah negara yang kaya akan berbagai jenis ikan. Sebagai sumber protein hewani, ikan sangat baik untuk perkembangan otak anak dan dapat dijadikan sebagai pilihan MPASI buah hati.

Sebut saja ikan kembung, kakap, gabus, dan gurame yang memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Yuk, kenal lebih dekat tentang nutrisi apa saja yang ada dalam ikan.

1. Kembung
Bunda tahu tidak, ternyata ikan kembung punya nilai gizi yang lebih tinggi dibanding ikan salmon, loh. Kandungan protein omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, dan seleniumnya lebih tinggi.

Lemak tak jenuh rantai ganda (PUFA/Omega-9) dan lemak tak jenuh tunggal (MUFA/Omega-6) juga lebih baik dari ikan salmon.

Diketahui, Omega-3 sangat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Juga menjaga jantung bayi tetap sehat dan tekanan darahnya tetap normal.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Dan membantu meningkatkan absorsi kalsium, sehingga dapat membantu pemeliharaan tulang di dalam tubuh.

MUFA dan PUFA bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan komplikasi penyakit stroke, Aritmia, dan serangan jantung.

MUFA juga memainkan peranan penting dalam mencegah dan mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Gabus
Ikan gabus adalah sumber protein dan vitamin A. Juga mengandung asam arakidonat yang tinggi serta asam dokosaheksaenoat (DHA).

Berbagai jenis lipid juga terdapat dalam ikan gabus, seperti fosfolipid, lemak alkohol, trigliserida, dan Ester kolesterol. Semua jenis lipid ini berfungsi menghasilkan lemak tak jenuh ganda untuk mengatur sintesis prostaglandin yang mempercepat penyembuhan luka.

Dikutip dari Food and Nutrion Journal, ikan gabus juga mengandung albumin yang bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi dan pemulihan fungsi hati.

Juga mengandung antioksidan gluthione, asam amino glutamin, sistein, dan gisin yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh, termasuk pankreas.

3. Kakap
Kandungan protein yang ada di dalam.ikan kakap tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat 20,51 gram protein. Untuk yang sedang dalam diet ketat, ikan kakap aman dikonsumsi.

Lemak yang terdapat di dalam ikan kakap termasuk lemak tidak jenuh yang membantu tubuh menjaga kesehatan jantung. Di dalam 100 gram ikan kakap terdapat 0,31 gram asam lemak omega-3. Dan American Heart Association menyatakan, mengonsumsi asam omega-3 akan menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga kolesterol tetap normal.

Mineral yang terkandung di dalamnya juga cukup beragam, yaitu kalsium, zat besi, fosfor, serta zink yang berperan besar dalam pertumbuhan serta perkembangan sel tubuh.

Untuk vitamin, ikan kakap juga jagonya. Ada vitamin A, vitamin D, dan vitamin B yang di dalamnya terdiri dari folat, tiamin, Niacin, hingga riboflavin yang terbukti baik bagi kesehatan otak. Sedangkan vitamin A untuk kesehatan mata, dan vitamin D penentu kesehatan tulang.

4. Gurame
Dikenal sebagai salah satu makana. Yang kaya akan zat gizi. Memakan ikan yang memiliki nama latin Cyprianus carpio, berarti Anda sudah mengonsumsi kalori, lemak, protein, kalsium, kalium, besi, magnesium, dan fosfor.

Ikan gurame juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vutamin D3.

5. Lele
Tiap 100 gram ikan lele mengandung energi (145 kalori), protein (15,45 gram), lemak (9,09 gram), natrium (65 miligram), kolesterol (82 miligram), dan asam lemak jenuh (2730 gram).

Selain itu, ikan lele dianggap sebagai salah satu ikan air tawar dengan kandungan gizi yang tak kalah dari makanan laut, seperti udang, ikan tuna kalengan, salmon, dan pollock. Juga mengandung merkuri yang lebih rendah.

6. Teri segar
Kandungan gizi pada ikan teri segar cukup tinggi, seperti air, protein, kalsium, fosfor, besi, tembaga, retinol, tiamina, dan niasin.

Ikan teri segar ini bermanfaat besar untuk sistem peredaran darah, sistem integumen (kulit, rambut, kuku), sistem reproduksi dan bayi, sistem saraf dan otak, sistem rangka (tulang), sistem eksresi dan urinaria, kelenjar, hormon, dan enzim.

Kemudian berfungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, sistem kekebalan tubuh, sistem otot, pencernaan, pernapasan, indera, dan tubuh secara umum.

Tapi perlu diperhatikan, dalam 10p gram ikan teri segar juga mengandung 140 gram lemak dan 554 mg natrium.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family