post image
Franka Soeria/ Net
KOMENTAR

NAMA Franka Soeria dikenal sebagai seorang modest fashion expert. Ia merupakan penggagas pergelaran mode busana santun Modest Fashion Week (MFW) yang diselenggarakan di Istanbul, London, Dubai, dan Jakarta.

Perempuan kelahiran Jakarta 13 Maret 1981 itu menjelaskan bahwa awal kesuksesannya bermula dari A La Hijab, platform sosial global satu-satunya untuk fesyen hijab yang didirikan pada 2006. Platform hijab alahijab.com merupakan kolaborasi Franka dengan pengusaha Turki,Ozlem Sahin.  

Selama hampir tiga tahun bergelut di alahijab.com, walau platform itu tidak langsung berkembang, Franka terus memperlebar jaringannya di berbagai belahan dunia mulai dari Eropa, Asia, hingga Afrika.

Banyak pihak yang memberikan dukungan kepadanya dalam berbagai bentuk. Franka pun tak lupa memberi kesempatan kepada para desainer Tanah Air untuk mempromosikan mode Indonesia di mancanegara.

Secara offline, hubungan antarkomunitas sudah terjalin dengan baik. Peluang inilah yang mendorong Franka untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar yaitu dengan menginisiasi lahirnya Modest Fashion Week.

Franka sukses membawa Modest Fashion Week menjadi sebuah ajang internasional bergengsi dan menjadikan Modest Fashion Week sebagai pergelaran mode alternatif bagi perempuan pecinta busana tertutup dan sopan. Modest Fashion Week telah digelar di lima kota di berbagai negara berbeda yakni Istanbul, London, Dubai, Jakarta dan Amsterdam sejak tahun 2016.

Franka Soeria juga memiliki dua perusahaan yaitu konsultan fesyen bernama Think Fashion yang didirikan di Turki dan agregator modest fashion di Asia Tenggara dengan nama Markamarie yang berkantor di Indonesia dan Malaysia.

Dia juga terlibat dalam penciptaan Council of Modest Fashion, Modest Fashion Founders Fund (berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Asian Bloggers Academy (bersama Markamarie Malaysia dan Universiti Teknologi MARA), serta proyek kemanusiaan bernama Benang Project (didukung UNHCR).

Banyak prestasi dan karya yang telah ditorehkan Franka. Ia juga mencetak nama- nama besar dunia modest fashion seperti Noor Tagouri. Harapannya besar terhadap modest fashion, yaitu dapat menjadi rumah bagi mereka yang saling support dan mau terus berkembang.

Franka Soeria juga menulis buku di masa pandemi Covid-19. Buku berjudul “Random Thoughts of Franka”. Franka menyebutkan bahwa proses penulisan buku membuatnya merasa seperti sedang menerapi dirinya dan berdamai dengan masa lalunya.

Franka mengaku ia dulu adalah seorang 'nerd' atau kutu buku. Ia amat mencintai menulis dan buku. Passion yang sempat terkubur karena memberi ruang lebih pada dunia fesyen itu kini muncul kembali.

Hebatnya, pembuatan buku Random Thoughts of Franka dia selesaikan dalam waktu hanya 2 minggu. Hal tersebut menyadarkannya bahwa ia sebenarnya seorang penulis yang nyasar ke dunia fesyen.

 

Close X

5 Gaya Modest Fashion Yang Jadi Bukti Black Never Fails

Sebelumnya

Asmara di Telaga Bidadari Koleksi Tepa Selira Siap Sambut Idul Fitri 2021

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Fashion