post image
Ilustrasi anak membaca buku/ Net
KOMENTAR

BUKU adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kita akan tahu apa saja yang terjadi di luar lingkungan kita.

Tapi saat ini, membaca buku sudah jarang diminati oleh anak-anak. Mereka lebih tertarik membaca literasi lewat gadget atau menonton dari YouTube. Buku lambat laun kehilangan citranya.

Karena itu, yuk Bunda kita tanamkan lagi nilai baik dari membaca buku. Lewat beberapa trik di bawah ini, Bunda bisa membuat anak-anak menjadi mencintai buku. Seperti dikutip dari laman instagram @parentalk.id

1. Mulai dari sedini mungkin

Tidak ada kata terlalu cepat untuk mengenalkan buku kepada anak. Ada yang mulai mengenalkannya sejak bayi, bahkan ada pula yang memulainya sejak dari kandungan. Caranya, Bunda rajin membacakan dongeng saat hamil.

Mengenalkan buku sejak dini punya banyak manfaat, loh Bunda. Selain memperbanyak kosa kata si kecil, kita bisa memakainya sebagai alat komunikasi dan bonding dengan buah hati.

2. Baca buku setiap hari

Sebelum tidur menjadi momen paling tepat untuk mengenalkan buku kepada si kecil. Caranya tentu saja dengan mendongeng. Ketika si kecil mulai menunjukkan ketertarikannya, berikan waktu luang di siang hari untuk mereka membaca atau sekadar membolak-balik isinya.

Atau di sore hari saat quiet time, ajak si kecil.membaca buku yang menjadi pilihannya. Sementara mereka asyik dengan bacaan, Bunda bisa menggunakan waktu untuk selonjoran sebentar.

3. Buat lingkungan yang buku material

Maksudnya, coba Bunda buat sebuah taman bacaan di sudut rumah yang ternyaman. Letakkan beberapa buku yang digemari anak-anak. Biasanya, buku-buku tersebut yang memiliki banyak warna dan gambar. Setidaknya, manfaatkan sifat keingintahuan anak yang sangat besar.

4. Sesuaikan usia dan variasikan tipe buku

Saat ini, banyak buku untuk bayi yang sangat bervariasi dan tentunya bagus-bagus. Bahan yang digunakan pun sangat menarik dan aman untuk bayi. Coba bacakan buku yang berbeda genrenya, agar anak semakin luas pengetahuannya.

5. Bawa buku ke manapun dan di manapun balita berada

Coba ubah kebiasaan Bunda saat hendak bepergian. Bila sebelumnya Bunda repot mempersiapkan mainan anak, ganti mainan tersebut dengan buku. Juga saat anak hendak buang air besar, pastikan mereka membawa buku. Entah untuk menutup hidungnya, tapi syukur-syukur dia menyempatkan untuk membacanya.

6. Be a good role model

Ini poin pentingnya, Bunda. Mau anak Bunda seperti A, B, C atau D, tapi kalau Ayah dan Bundanya tidak menjadi rol model, sama juga bohong. Lakukan apa yang Bunda inginkan pada anak. Rajin pula membaca buku di mana dan kapan pun.

 

Close X

3 Kunci Agar Anak Tak Jadi Generasi Home Service

Sebelumnya

Menyalahkan Benda Mati Salah Satunya , Hindari 6 Kesalahan Ini Dalam Mendidik Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting