Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SETELAH Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui vaksin Covid-19 untuk para lanjut usia (lansia), Kementerian Kesehatan langsung membuat jadwal vaksinasi untuk kelompok usia 60 tahun ke atas.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, vaksinasi Covid-19 perdana untuk para lansia ini akan dilaksanakan Senin (8/2) pukul 09.00 WIB.

"Penting sekali bagi pemerintah untuk memprioritaskan tenaga kesehatan berusia lanjut karena adanya risiko ganda, yaitu profesi mereka yang rawan terpapar virus dan usia yang rentan," kata Budi saat konferensi pers virtual, Minggu (7/2).

Menurut dia, BPOM mengeluarkan izin vaksin untuk usia 60 tahun ke atas berdasarkan uji klinis ke-3 di negara-negara luar Indonesia.

Adapun jumlah total tenaga kesehatan yang sudah di atas 60 tahun adalah 11.600. Dengan begutu, tenaga kesehatan usia lanjut dapat melindungi dan memberikan keamanan bagi seluruh tenaga kesehatan, tanpa terkecuali.

Bicara soal dosis, sama dengan usia 18-59 tahun, yaitu dua kali. Namun rentang waktunya saja yang agak lama, yaitu 28 hari. Dosis pertama diberikan untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh, sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Sedangkan vaksinasi kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin. Jadi, antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal.

Selanjutnya, secara paralel pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non nakes. Sekitar 10 persen populasi Indonesia berada dalam kelompok usia itu dan 5o persen diantaranya meninggal dunia akibat Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 lansia ini diharapkan dapat menekan angka kematian dan mengurangi tekanan terhadap rumah sakit dengan harapan angka rawat inap dan bed occupancy ratio dapat turun.

 

 




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health