Ilustrasi berdoa/ Net
Ilustrasi berdoa/ Net
KOMENTAR

ISLAM mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa dalam setiap usaha yang dilakukan. Apalagi di masa pandemi sekarang, doa memiliki peran penting. Tak hanya mendoakan keluarga yang sakit, tapi juga tetangga, kerabat, rekan kerja, atau mereka yang tidak kita kenal, agar segera pulih dari infeksi Covid-19.

Rasulullah Saw. mengajarkan umatnya untuk berdoa, memohon kesembuhan. Berikut doa yang dibacakan Nabi Muhammad Saw. demi kesembuhan dari penyakit:

1. Doa Rasulullah untuk Sa'ad bin Abi Waqqash

Sa'ad bin Abi Waqqash adalah sahabat yang penting dan dikasihi Rasulullah. Diriwayatkan Imam Muslim, saat Sa'ad bin Abi Waqqash sakit, Nabi memohon kesembuhan dengan membaca doa:

"Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan"

Artinya: Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.

2. Doa Rasulullah untuk Salman Al-Farisi RA

Nabi juga mengajarkan doa untuk meminta ampunan serta perlindungan dari Allah SWT untuk orang yang sakit. Seperti ketika Rasulullah menjenguk Salman Al-Farusi RA, sahabat Nabi yang berasal dari Persia dan dikenal dengan nama Abu Abdullah.

Diriwayatkan Ibnu Sunni, kala itu Nabi Muhammad Saw. membacakan doa:

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika”

Artinya: Wahai (sebut nama anak yang sakit), semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu, mengampuni segala dosamu dan mengafiatkanmu dalam segala hal agama dan fisik sepanjang hidupmu.

3. Doa Nabi Muhammad Saw. untuk Nabi Ayyub

Dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad juga membaca dia untuk kesembuhan Nabi Ayyub dan keluarganya.

“Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa’uka, syifa’an laa yughadiru saqaman”

Artinya: Ya Allah Tuhan Manusia, musnahkanlah segala rasa sakit ini. Berikanlah kesembuhan, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.

4. Doa Segala Penyakit

Rasulullah juga mencontohkan untuk membaca surat Al-Fatihah untuk memohon kesembuhan. Memang, surat ini sangat istimewa dan punya banyak manfaat.

Rasulullah menyebut bahwa Al-Fatihah adalah obat untuk segala penyakit. Seperti diriwayatkan HR ad-Darimiy dan al-Baihaqi.

Nabi Muhammad Saw. bersabda: "Fatiha Al-Kitab, terdapat obat untuk segala penyakit"

HR al-Baihaqi, Abu Syaikh mengisahkan, Rasulullah SAW bersabda: "Fatihatu Al-kitab (surat Al-fatihah) adalah obat untuk menawarkan racun."

Para ulama juga menganjurkan membawa sholawat Tibbil Qulub sebanyak 10 kali sebagai rangkaian doa memohon kesembuhan. Sholawat dibaca sambil menyentuh bagian tubuh yang sakit.

"Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Quluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadiyaaihaa wa’alaa aalihi washohbihi wabaarik wasallim"

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi besar Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan. Penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinat mata serta cahayanya yang merupakan makanan utama jasmani dan rohani. Semoga sholawat dan salam tersampaikan pula kepada keluarga serta para sahabat beliau.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur