post image
Deb Haaland, wanita asli suku asli Amerika yang diusung Joe Biden untuk jadi Mendagri/Net
KOMENTAR

JIKA disetujui oleh Senat, Amerika Serikat untuk pertama kalinya akan mempunyai seorang Menteri Dalam Negeri yang berasal dari seorang  penduduk asli Amerika. Calon menteri pilihan Biden itu adalah Deb Haaland.

Haaland adalah anggota suku Pueblo of Laguna di New Mexico dan juga penduduk asli Amerika pertama yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet, posisi berpangkat tinggi dalam Kantor Eksekutif Presiden Amerika Serikat.

Dia bahkan dengan bangga menyebut dirinya orang Meksiko Baru generasi ke-35.

Haaland lahir di Winslow, Arizona, tempat kakeknya bekerja di perusahaan kereta api, sebagai bagian dari kebijakan pemerintah federal tentang "asimilasi budaya" untuk penduduk asli Amerika. Dia lahir dan besar dari keluarga militer, ayahnya adalah seorang Marinir yang dihormati dan ibunya bertugas di Angkatan Laut.

Ketika dewasa , Haaland sempat menikah namun kemudian pernikahannya itu kandas. Ia kemudian melanjutkan hidup dan berjuang sebagai seorang ibu tunggal. Ia mengaku pernah hidup susah, sampai-sampai harus mengajukan kupon makanan demi mendapatkan makanan untuk anak-anaknya.

Sepanjang karirnya, ia bekerja tanpa lelah sebagai aktivis komunitas, jauh sebelum ia memutuskan terjun ke dunia politik di tingkat nasional. Bahkan saat itu, ketika dia berkampanye di depan hanya 30 orang, agendanya yang progresif termasuk berinvestasi dalam tindakan lingkungan seperti energi bersih.

Haaland mengatakan ia terinspirasi untuk terjun ke dunia politik setelah kemenangan mengejutkan Donald Trump dalam Pemilu AS 2016.

Sejak saat itu, dia dikenal karena karyanya yang menangani perubahan iklim.

"Saya berjanji untuk memberikan suara menentang semua infrastruktur bahan bakar fosil baru dan berjuang untuk 100 persen energi bersih," katanya di situsnya, seperti dikutip dari Euro News, Kamis (21/1).

Secara khusus, Haaland secara terbuka menentang pembangunan pipa Keystone XL, yang melewati tanah penduduk asli Amerika. Biden baru-baru ini mengumumkan bahwa dia berencana untuk membatalkan proyek tersebut segera setelah dia dilantik.

Pencalonan Haaland sebagai Mendagri telah didukung oleh para pemimpin suku dan senator, namun dia tidak asing dengan kritik.

Perwakilan AS Pete Stauber telah meminta sesama anggota parlemen di DPR untuk menyerukan penarikan pencalonan Haaland, karena penentangannya terhadap pengeboran minyak dan gas di lahan publik.

Tapi Deb Haaland yang berasal dari sayap progresif Partai Demokrat dan merupakan pendukung Kesepakatan Baru Hijau . Dia berencana untuk mengatasi perubahan iklim sambil menciptakan pekerjaan baru di sektor energi bersih.

Close X

1 Tahun Pandemi di Indonesia: Waspadai Masuknya Virus Varian Baru dari Inggris dan Post-Acute Sequelae of Covid-19 (PASC)

Sebelumnya

Jepang Minta China Stop Tes Usap Anal Untuk Covid-19 Pada Warganya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah News