Presiden terpilih AS Joe Biden bersama istrinya Jill Biden dan anggota keluarga saat memberi hormat kepada penonton di atas panggung setelah memberikan sambutan di Wilmington, Delaware/AFP
Presiden terpilih AS Joe Biden bersama istrinya Jill Biden dan anggota keluarga saat memberi hormat kepada penonton di atas panggung setelah memberikan sambutan di Wilmington, Delaware/AFP
KOMENTAR

PRESIDEN terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan istrinya, Jill Biden akan menjadi penghuni baru Gedung Putih usai pelatikan presiden Amerika Serikat ke-46 pada Rabu (20/1) mendatang.

Biden dikenal sebagai sosok yang menjadikan keluarganya sebagai fokus utama sepanjang karirnya, termasuk saat kampanye presiden 2020 lalu.

Untuk mengenal lebih dekat siapa saja anggota keluarga Biden, berikut profil singkatnya.

1. Jill Biden

First Lady Amerika Serikat, Jill Biden adalah seorang pendidik yang kerap mendapat julukan "Dr B" dari para siswanya.

Setelah kemenangan Biden dalam pemilu Amerika Serikat tahun lalu, Jill mengutarakan ke publik bahwa dia akan tetap mempertahankan pekerjaan paruh waktunya, sebagai profesor Bahasa Inggris.

Meski begitu, seperti dikabarkan AFP, dia juga memastikan bahwa dirinya akan menjalankan tugas seremonialnya dengan baik sebagai First Lady.

Sebagai ibu negara, Jill diharapkan untuk menangani masalah pendidikan dan meluncurkan kembali Joining Forces, sebuah misi untuk berkumpul di sekitar keluarga militer. Program ini diketahui pernah dia buat bersama dengan pendahulunya Michelle Obama pada tahun 2011.

Jill dan sang suami kerap kali tampil mesra nan harmonis di hadapan publik. Keduanya diketahui bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 1975, beberapa tahun setelah Biden yang saat itu adalah senator Delaware menghadapi tragedi di mana istri dan putrinya yang masih muda tewas dalam kecelakaan mobil.

Setelah duka mendalam akibat kehilangan istri dan anaknya, Biden bertemu dengan Jill yang kemudian mampu membangkitkan lagi semangatnya untuk bangkit.

Pasangan itu pun kemudian menikah pada tahun 1977, dan dia menjadi ibu sambung bagi putranya Hunter dan Beau, yang selamat dari kecelakaan mobil.

Pasangan Jill dan Biden pun memiliki seorang putri, yakni Ashley.

Saat membesarkan keluarganya, Jill yang saat ini berusia 69 tahun, juga meraih dua gelar Master, dan akhirnya meraih gelar doktor di bidang pendidikan.

Dia mendukung suaminya melalui tiga pencalonan presiden sebelumnya dan merupakan salah satu pendukung paling vokal dan juru kampanye yang paling andal selama kampanye Biden yang terakhir.

2. Hunter dan Beau Biden

Dalam sejumlah kesempatan, Biden kerap berbicara tentang bagaimana hubungannya dengan putra-putranya membantunya mengatasi kesedihan saat dia membangun karier politiknya, serta ketika dia menikahi Jill.

Selama bertahun-tahun, saat bekerja sebagai senator, Biden kerap bepergian dengan kereta api selama dua jam antara Washington dan Delaware hanya demi bertemu dengan putra-putranya, Hunter dan Beau Biden.

Putra pertamanya, Beau dipandang mewarisi etos pelayanan publik dan keterampilan politik ayahnya. Dia pernah bertugas di militer di Irak dan menjadi jaksa agung Delaware.

Namun pada tahun 2015, Beau meniggal dunia ada usia 46 tahun karena kanker otak.

Demi mengenang sang putra, Biden sering merujuk pada almarhum putranya dalam pidato politik, dan dia secara teratur mengunjungi makam Beau, serta istri dan putri pertamanya.

Sementara itu, putra Biden lainnya, Hunter Biden, kerap jauh dari sorotan publik. Dia pernah berjuang denga alkohol dan kecanduan narkoba. Hunter juga keluar dari Angkatan Laut Reserve pada tahun 2014 setelah tes positif untuk kokain.

Nama Hunter Biden baru kembali jadi sorotan selama masa kampanye pilpres 2020 lalu di mana petahana Donald Trump kerap menyerang Hunter karena urusan bisnisnya di Ukraina dan China.

Hunter yang berusia 50 tahun yang kini menjalani hari-harinya sebagai seorang seniman yang berbasis di Los Angeles mengakui bahwa memang dia mungkin pernah menampilkan penilaian yang buruk dalam bisnis. Tapi dia membantah melakukan kesalahan.

Di sisi lain, Joe Biden, walau bagaimanapun teguh mendukung putrannya. Bahkan selama debat presiden terakhir, ketika Trump mengejek penggunaan kokain Hunter, Joe Biden hanya berkata: "Saya bangga padanya. Saya bangga pada anak saya,".

3. Anjing Biden

Biden memiliki dua ekor anjing yang sangat dekat bahkan merupakan bagian dari keluarganya. Dia akan membawa kedua anjing tersebut untuk tinggal di Gedung Putih.

Kedua anjing Biden itu adalah jenis gembala Jerman bernama Champ dan Major. Selain itu, mereka juga membawa serta seekor kucing yang belum ras dan namanya belum dirilis ke publik.

Salah satu anjing keluarga Biden, Champ telah bersama Biden sejak tahun 2008. Sedangkan seekor anjing lainnya, Major, baru mereka adopsi pada tahun 2018. Menurut tim Biden, Major akan menjadi anjing asuh pertama yang tinggal di Gedung Putih.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News