Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANGKA kasus Covid-19 masih tinggi. Sejumlah pemerintah daerah, seperti DKI Jakarta, masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meskipun new normal, sejumlah perusahaan sudah memberlakukan jam kerja, namun bekerja dari rumah atau work from home (WFH), masih menjadi pilihan teraman.

Tapi, kondisi nyaman saat WFH bakal terusik, ketika asisten rumah tangga (ART) memaksa pulang kampung untuk menikmati libur akhir tahun bersama keluarganya. Pusing? Tentu iya!

Eits, tenang Bunda. Bukan berarti tidak ada siasat yang bisa Bunda lakukan supaya tidak terlalu stres saat ditinggal si mbak mudik.

Menurut psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani, MPSi, ketika Bunda merasa harus menyelesaikan segala urusan di rumah seorang diri, stres rentan datang. Hal ini memang wajar, namun ada beberapa trik yang bisa dipakai untuk menyiasatinya.

1. Berbagi tugas dengan pasangan

"Berbagi tugas dengan pasangan bisa menjadi salah satu alternatif agar Bunda tidak merasa harus menyelesaikan semuanya sendiri. Coba ajak paksu untuk berdiskusi, apa saja pekerjaan rumah yang bisa diambil alih olehnya," kata Wita.

2. Libatkan anak-anak

Untuk anak usia 5 tahun, Bunda sudah bisa melibatkan mereka untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Memang, terkadang bikin ribet ya, Bunda. Tapi ingat, ketika si kecil.sjdah dilibatkan, saat besar nanti mereka dengan ringan tangan akan mengerjakan pekerjaan rumahnya, lantaran sudah terbiasa.

3. Cari bantuan ke keluarga besar atau teman

Bantuannya seperti apa? "Misalnya, Bunda bisa mencari info ke keluarga besar atau teman, barangkali ada salah satu ART-nya yang tidak pulang kampung dan bisa dipinjam. Atau, Bunda bisa cari channel untuk mendapatkan mbak baru, apalagi kalau kebetulan si ART tidak kembali bekerja lagi.

4. Turunkan standar

Maksudnya, Bunda harus memilih prioritas utama. Kalau memang masak harus homemade, berarti untuk urusan menyapu, ngepel, atau cuci plus setrika, bisa dilakukan dua hari sekali, misalnya.

"Jangan paksakan semua tugas harus dikerjakan sendiri. Yang ada Bunda justru stres, marah, nangis, dan dampaknya bisa ke anak atau pasangan juga, loh," ujar dia.

5. Manfaatkan layanan online

Jika sudah tidak ada lagi solusi, pasrahkan pekerjaan Bunda pada layanan online. Misalnya untuk bersih-bersih rumah atau memesan makanan. Sesekali, bolehlah memanfaatkan layanan ini.

Nah, itu dia 5 trik yang bisa Bunda lakukan saat ART Pulang kampung, sementara Bunda masih harus menjalankan WFH. Maksudnya, agar Bunda bisa mendapatkan me time, anak-anak dan keluarga pun menjadi bahagia.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family