post image
Mengelola keuangan dengan baik ibarat olahraga, memerluka usaha dan hasilnya tidak instan/Net
KOMENTAR

SALAH satu kunci sukses dalam memiliki keuangan yang sehat adalah dengan mengatur keuangan dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam melaksanakannya.

Selain faktor ketidaktahuan atau keengganan untuk mencaritahu, alasan lain yang menyebabkan orang tidak "melek finansial" adalah karena dipengaruhi faktor emosi atau psikologis.

"Jika seseorang memiliki pengetahuan keuangan tapi belum mau melakukannya, itu bisa jadi dipengaruhi faktor psikologi. Ada pengalaman di hidupnya yang kemudian mempengaruhi keputusan seseorang," ujar founder Mitra Rencana Edukasi (MRE) dan juga financial planner Mike Rini, CFP dalam program Zoom Talk Farah.id bertajuk "Gaji Numpang Lewat? Yuk, Atur Keuangan Lebih Gampang!" pada (Rabu (11/11).

Dia mencontohkan, orang yang mungkin takut mengambil risiko untuk investasi, bisa jadi dia pernah mengalami atau membaca soal kejadian di mana orang merugi karena suatu investasi. Ketakutan tersebut membuat dia pada akhirnya tidak juga mulai berinvestasi.

"Atau ada juga pengaruh kebiasaan-kebiasaan keluarga atau pengaruh lingkungan. Jadi dia merasa harus menikmati hidupnya sekarang. Akhirnya gajinya pun habis sekejap," tambah Mike.

Menurutnya, untuk mendapatkan keuangan yang sehat, diperlukan pengetahuan dna upaya yang konsisten, karena hasilnya tidak terjadi sekejap.

"Ibarat kalau kita mau punya tubuh yang sehat, olahraga. Efeknya tidak langsung terjadi saat itu," kata Mike.

"Pertama perlu diubah pola pikirnya, kemudian perilakuknya serta perubahan gaya hidup yang permanen," tandasnya.

Close X

Luncurkan Finding My Self, Wirda Mansur: Lepaskan Sedih, Temukan Jati Diri

Sebelumnya

Tips Hemat Selama Pandemi ala Mike Rini: Lakukan Prinsip 'Hilang-Kurang-Ganti'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family