Kebaikan yang dilakukan oleh seseorang karena perintah dari seorang muslim, akan menjadi sedekah/ Net
Kebaikan yang dilakukan oleh seseorang karena perintah dari seorang muslim, akan menjadi sedekah/ Net
KOMENTAR

Rasulullah SAW bersabda:

"Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah." (HR Tirmidzi dan Ahmad)

Allah sudah menunjukkan jalan kepada manusia melalui lisan Rasul-Nya yang terbaik, bahwa ketika kita ingin terhindar dari kesulitan maka perbanyaklah sedekah.

Kekayaan tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan. Agar rezeki yang Allah berikan menjadi berkah, Rasulullah menganjurkan umatnya memperbanyak sedekah.

Seperti sabda Rasulullah:

"Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, 'Ya Tuhanku, karuniakanlah ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Yang satu lagi menyeru, 'Musnahkanlah orang yang menahan hartanya'."

Sedekah, walaupun kecil tapi amat berharga di sisi Allah. Orang yang Bakhil dan kikir akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan.

Dari segi bentuknya, sedekah tidak dibatasi pemberian dalam bentuk uang, tetapi juga amal kebaikan seorang muslim.

Sebagaimana hadits Abu Musa Ra:

"Nabi SAW bersabda, 'Tiap muslim wajib bersedekah'. Sahabat bertanya, 'Jika tidak dapat?' Nabi menjawab, 'Bekerjalah dengan tangannya yang berguna bagi dirinya dan ia dapat bersedekah'. Sahabat bertanya lagi, 'Jika tidak dapat?' Jawab Nabi, 'Membantu orang yang sangat membutuhkan'. Sahabat bertanya lagi, 'Jika tidak dapat?' Jawab Nabi, 'Menganjurkan kebaikan'. Sahabat bertanya lagi, 'Jika tidak dapat?' Nabi menjawab, 'Menahan diri dari kejahatan, maka itu sedekah untuk dirinya sendiri'."

Hadits ini menggambarkan empat tingkatan sedekah.

1. Bekerja dan berusaha dengan kemampuannya, sehingga ia mendapat keuntungan dan dari keuntungan itu ia dapat bersedekah. Keutamaan seorang muslim jika ia bekerja dengan tekun penuh keikhlasan, ia akan kuat secara ekonomi yang dipandang oleh Allah lebih baik dan lebih dicintai.

2. Membantu orang yang sangat butuh bantuan. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 280 "Dan jika orang yang berutang itu dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia memiliki kelapangan dan kemampuan. Dan bersedekahlah sebagian atau seluruh piutangnya itu lebih baik bagimu jika kamu betul-betul tahu".

3. Menyuruh kepada kebaikan. Kebaikan yang dilakukan oleh seseorang karena perintah dari seorang muslim, akan menjadi sedekah. Karena siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka seolah-olah ia melakukan kebaikan sebagaimana seseorang melakukan kebaikan.

4. Menahan diri dari perbuatan yang buruk yang dapat menjerumuskan seseorang pada kezaliman sebagai bentuk sedekah, karena menahan diri adalah sikap yang cukup sulit untuk dilakukan dan hanya orang yang sudah terlatih saja yang akan mampu menahan diri dari segala bentuk kejelekan.

Bersedekah merupakan aktivitas muslim yang memiliki sifat keutamaan, karena ketinggian derajat seorang muslim ditentukan oleh sebesar dan sejauh mana ia memiliki kepedulian dan kepekaan sosial kepada muslim lainnya.

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur