post image
Kismis/ Net
KOMENTAR

KISMIS merupakan salah satu produk olahan dari anggur. Kismis adalah anggur yang dikeringkan, sehingga memiliki kulit yang keriput dan juga kusut. Sepintas, kismis tidak menarik untuk dimakan, karena bentuknya pun kurang menarik. Tapi ternyata, kismis memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

NABI Muhammad Saw. bersabda, "Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum sarapan pagi, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian".

Lalu, "Biasakanlah memakan kismis, karena kismis dapat menghilangkan rasa pahit (empedu/cairan kuning), menghilangkan lendir, menyehatkan badan, memuluskan wajah, menguatkan syaraf, dan menghilangkan letih".

Imam Ali mengatakan, "Kismis dapat menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, menghilangkan panas, dan memulihkan kesehatan jiwa".

Kismis adalah makanan yang sering dikonsumsi Rasulullah. Sejumlah keutamaan Kismis lainnya adalah:

1. Cocok untuk batang tenggorokan serta menyembuhkan batuk, lever, dan penyakit kandung kemih. Kismis juga memperkuat perut dan mengurangi rasa sakit di rongga usus.

2. Buah kismis manis lebih bergizi dibandingkan anggur. Buah kismis manis memiliki energi pembakar dan membantu pencernaan. Kismis memperkuat perut, limpa, dan lever, serta menyembuhkan sakit kerongkongan, dada, paru-paru, ginjal, dan kandung kemih.

3. Paling baik jika memakan yang tanpa biji, karena mengandung banyak gizi dan tidak menyebabkan penyumbatan seperti kurma. Kismis manis tanpa biji menyembuhkan orang yang menderita kelembaban dan lendir berlebih.

4. Orang yang kukunya rapuh sangat cocok dibubuhi kismis pada kukunya agar kuat kembali.

5. Kismis juga menguatkan daya ingat. Seperti dikatakan az-Zuhri, "Orang-orang yang ingin menghafal hadits seharusnya memakan kismis". Mansyur meriwayatkan kismis dengan mengatakan, "Bijinya adalah penyakit, sedangkan daging buahnya adalah obat".

 

Close X

Satu Dari Sembilan Kasus Covid-19 Terkonfirmasi Di Indonesia Adalah Anak-Anak

Sebelumnya

Perhatikan, Orang-Orang Dengan Kriteria Ini Wajib Tes SWAB!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health