post image
KOMENTAR

SEBANYAK 10 desainer lokal berkolaborasi menampilkan keindahan kain tradisional Indonesia dalam Mercedes-Benz Fashion Week Russia 2020, Jumat (23/10). Hampir seluruh desainer yang tergabung dalam Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) ini mengambil bahan dasar kain Wastra, kain lokal milik Indonesia, sehingga sangat yakin bisa bersaing di industri global.

Kesepuluh desainer itu membawa produk berkelas dengan berbagai tema dan inspirasi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Vivi Zubedi

Mengusung tema "Humbanua". Terinspirasi dari keinginan mengeksplorasi dua kain tradisional, Kain Sasirangan dan Tenun Sumba.

2. Wignyo x Rorokenes

Mengambil tema monochrome tahun 2000-an dengan konsep modest wear. Di Mercedes-Benz Fashion Week Russia nanti, Wignyo akan menampilkan outer, longdress, dan blazer yang memakai material kain tenun dengan warna dominan hitam dan putih.

Sementara Rorokenes akan mempercantik tampilan busana Wignyo dengan aksrsorus berupa tas kulit yang didesain seperti anyaman.

3. Agung Bali Collection x Bahalap

Mengusung tema "living in heritage". Motif busana menyerupai sabut kelapa dengan ornamen Bali yang kental dan dibuat secara handmade.

Bahalap Handicraft mempercantiknya dengan aksesoris berupaya kalung yang bisa dipakai di saat santai maupun untuk pesta. Aksesoris ini terinspirasi dari aksesoris Suku Dayak yang dibuat langsung oleh para ibu setempat.

4. Adhy|Alle

"Terpikat ikat", begitu Adhy|Alle mempresentasikan karyanya. Terinspirasi dari ragam tenun di Sulawesi Selatan, salah satunya tenun Toraja.

5. Roemah Kebaya Vielga

Menampilkan dramatic blossom, bunga-bunga yang bermekaran pada musim semi. Mengambil ciri khas adat Sumatera Barat, yaitu dari Payakumbuh. Material yang dipakai adalah silk dan organdy silk dengan ornamen bunga Indonesia, yaitu mawar dan melati.

6. Thiffa Qisty

Temanya adalah Dara atau anak gadis. Menampilkan kebaya Melayu Riau yang dimodifikasi lebih modern. Kain kebaya tersebut merupakan warisan yang sudah dipakai lebih dari 2 abad.

7. IR & IR

Memakai material kain songket, linen, dan cotton dengan warna dominan kuning dan biru muda, yang diyakini akan menjadi warna tren di 2021.

8. Ina Priyono

Membawa Batik Kembang sebagai hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa. Kombinasi kain katun dengan bordir kecil-kecil, sehingga terkesan elegan dan bisa digunakan sehari-hari.

9. Defika Hanum x PALA Nusantara

Mengambil tema "Adventures", terinspirasi dari wisata di Afrika. Warna yang ditonjolkan adalah earth tone dengan motif zebra. Mengangkat batik kuas dan menampilkan 6 looks dengan siluet H dan A.

Sedangkan PALA Nusantara mempercantik tampilan Hanum lewat jam tangan cantik dengan warna Cokelat yang terinspirasi dari warna khas Jawa.

10. Anggia x Beadstown

Close X

BRI Bantu UMKM Indonesia 'Naik Kelas'

Sebelumnya

Peran Instrumen ZISWAF Dalam Menghadapi Pandemi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah C&E