post image
Lukisan wajah para pendiri Arab Saudi dan UEA, yakni mendiang Raja Abdul Aziz bin Saud dan almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan, karya seniman wanita Ohud Abdullah Almalki/ Net
KOMENTAR

SEORANG seniman wanita asal Saudi Arabia berhasil memecahkan rekor Guinness World Records karena telah berhasil menciptakan 'lukisan kopi terbesar' di dunia pada Minggu (18/10), dan menjadi wanita pertama dari negara itu yang meraih penghargaan tersebut.

Nama seniman wanita itu adalah Ohud Abdullah Almalki. Ia menggunakan kopi kadaluwarsa untuk melukis wajah para pemimpin terkenal dari kerajaan dan negara tetangga Uni Emirat Arab dalam sebuah lahan seluas 220 meter persegi.

Almalki mengaku butuh waktu lebih dari sebulan untuk menghasilkan lukisan tersebut.

"Butuh waktu 45 hari kerja terus menerus untuk menyelesaikannya, di bawah pengawasan dua saksi, rekaman video dan rekaman drone," kata Almalki, menurut pernyataan Rekor Dunia Guinness, seperti dikutip dari AFP, Minggu (18/10).

Karya seni berjudul 'Naseej 1' ('Ditenun Bersama') ini diciptakan di kota Jeddah Saudi di atas tujuh kain kanvas yang saling terhubung.

Karya ini menampilkan wajah para pendiri Arab Saudi dan UEA, yakni mendiang Raja Abdul Aziz bin Saud dan almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan.

Di bawah mereka terdapat pula serangkaian potret lebih kecil dari para pemimpin lain dari dua negara Teluk, sementara seluruh karya dibingkai dengan gaya dekorasi Badui tradisional 'Al-Sadu'.

"Tujuan saya adalah untuk mengingatkan dunia tentang kesepakatan berabad-abad antara kedua negara," kata Almalki.

Menutut pernyataan dari Guinnes World Records, seniman tersebut menggunakan sekitar 4,5 kilogram butiran kopi kadaluwarsa untuk menyelesaikan lukisan itu.

Almalki berharap pencapaiannya akan berkontribusi untuk memberdayakan perempuan di Arab Saudi dan sekitarnya.

"Ini adalah pertama kalinya seorang wanita Saudi mencapai rekor sendirian," kata Guinness World Records, meskipun yang lain telah mengambil bagian dalam upaya sebelumnya.

Pada 2015, 8.264 wanita berkumpul di Riyadh untuk membuat 'pita kesadaran manusia' terbesar, untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara.
 

 

Close X

Untuk Pertama Kalinya Perempuan Keturunan Palestina-AS Diangkat Sebagai Staf Gedung Putih

Sebelumnya

Jangan Hidup Hanya Untuk Menyenangkan Orang Lain

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Women