Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

LAGI-lagi sebuah studi menyebutkan bahwa pemilik golongan darah O lebih kebal terhadap virus corona. Golongan darah O dinilai memiliki kemungkinan yang sangat kecil terpapar Covid-19. Bahkan jika terinfeksi, pemilik golongan darah ini tidak berisiko mengalami sakit parah.

Betulkah begitu? Ini beberapa fakta unik tentang golongan darah O:

1. Golongan darah O memiliki jumlah protein yang lebih rendah dalam membantu pembekuan darah. Walau begitu, tidak menjamin seseorang terhindar dari pembekuan darah.

2. Dalam sebuah riset teruangkap, ada 35 sampai 40 persen orang di dunia yang memiliki golongan darah O Rhesus positif atau O+.

3. Seorang ahli entomologi medis dari University of Florida Dr Jonathan Day menyebutkan, orang yang memiliki golongan darah O lebih rentan digigit nyamuk. Sebab mereka mengeluarkan bahan kimia dari kulit yang dapat menarik nyamuk.

"Beberapa orang memproduksi lebih banyak bahan kimia tertentu di kulitnya. Dan beberapa dari bahan kimia tersebut, seperti asam laktat, menarik untuk nyamuk. Ada juga bukti bahwa satu golongan darah O menarik nyamuk lebih banyak daripada yang lain (A atau B)," jelas Dr Jonathan, seperti dikutip dari detikhealth.

Meski disebutkan demikian, tetap saja pemilik golongan darah O harus waspada. Sebab menurut salah satu studi di Denmark, 38,4 persen pasien Covid-19 dirawat. Sementara populasi warga pemilik golongan darah O di Denmark ada 41,7 persen.

Tidak diketahui pasti bagaimana hubungan antara golongan darah dengan kerentanan terhadap Covid-19. Beberapa spekulasi yang muncul antara lain bahwa sel darah merah dilindungi oleh molekul yang disebut antigen dan molekul itulah yang menentukan respon sistem imun.

Namun yang pasti, tidak ada pemilik golongan darah O yang benar-benar kebal. Tetap saja protokol pencegahan Covid-19 harus dijalankan jika tidak ingin tertular.

"Tidak ada manfaat nyata bagi seseorang secara individual. Semua bisa tertular dan semua harus melakukan pencegahan yang direkomendasikan untuk menurunkan risikonya," kata Torben Harington, profesor imunologi dari University of Southern Denmark, dikutip dari Health.com

 




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health