post image
Membuat lingkungan senyaman mungkin adalah salah satu cara agar si kecil mudah belajar berjalan/ Net
KOMENTAR

SI kecil biasanya mulai belajar berjalan di usia 1 tahun. Saat itu, sebisa mungkin si kecil mencoba menahan berat tubuhnya dengan kaki-kaki kecilnya atau berpengangan pada kursi.

Di saat milestone-nya sudah tepat, kita dapat membantu potensi tumbuh kembang si kecil secara maksimal. Misalnya dengan membuat lingkungan senyaman mungkin, agar si kecil mudah belajar berjalan.

Dan yang tak kalah penting, penuhi nutrisi si kecil dengan makan makanan bernutrisi tinggi. Atau, ayah dan bunda juga bisa mendukung anak belajar berjalan dengan hal-hal berikut ini seperti dikutip dari parentalk.id :

1. Beri si kecil kesempatan merambat di rumah. Coba taruh mainan di dekatnya, biar si kecil semangat untuk mengambil dan asah potensi prestasi berpikir kreatifnya.

Tapi ingat, ya ayah dan bunda, jangan sering menggendong si kecil, sehingga mengurangi kesempatan ia berlatih berjalan langsung di lantai.

2. Barefoot agar si kecil terbiasa dengan berbagai tekstur pijakan yang baik bagi perkembangan otot dan posturnya untuk dukung potensi tumbuh kembang si kecil.

Tapi, jangan terburu-buru untuk membelikan anak yang baru belajar berjalan sepatu atau mainan untuk bantu si kecil berjalan. Memang banyak alat belajar yang tersedia, tapi tidak semuanya perlu dibeli.

3. Atur lingkungan rumah agar nyaman untuk si kecil. Misal, dengan memberi pagar pembatas di dekat tangga atau pasang alas karet agar dia tidak kesakitan saat terjatuh.

Namun, walau rumah sudah dikondisikan aman, bukan berarti membiarkan si kecil sendirian. Tetap awasi selama si kecil belajar mengondisikan tubuhnya.

4. Ikut aktif membantunya belajar berjalan, walaupun pegal tapi pasti bikin senang. Sampaikan juga kalimat penyemangat untuk dukung potensi prestasi percaya dirinya.

Tapi, jangan memaksakan saat belum tepat milestone-nya. Si kecil punya timeline-nya sendiri, ya ayah dan bunda! Bisa jadi dia masih latihan berjalan, tapi sudah banyak kosa katanya.(F)

 

Close X

Ayah, Yuk Bantu Bunda Menyapih Si Kecil!

Sebelumnya

Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting