post image
dr Sonia Wibisono/ Farah
KOMENTAR

VIRUS Corona sudah menjadi pandemi. Tidak hanya tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan dalam mengatasi permasalahan ini. Media juga dituntut ikut mengambil peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang seberapa membahayakannya Covid-19 ini.

Menurut dr Sonia Wibisono, media dapat membangun kesadaran masyarakat akan bahaya virus Corona. Bahwa pendemo ini adalah nyata dan dapat dilihat dari mereka yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Stres karena harus jauh dari keluarga, penanganan yang sulit, obat yang belum ada dan biaya pengobatan yang mahal, beberapa pasien terkadang harus dikucilkan oleh para tetangga, dan sebagainya.

"Penting bagi wartawan untuk menginformasikan ke masyarakat kalau covid itu ada. Karena selama ini, berdasarkan survey di beberapa daerah, masih banyak masyarakat yang beranggapan kalau pandemi ini hanya kebohongan belaka," kata dr Sonia dalam Webinar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, Kamis (8/10).

Menurut dr Sonia, covid-19 itu seperti segitiga berkaitan. Sudut yang pertama adalah mengenal infeksi, bahwa seberapa banyak virus yang masuk ke dalam tubuh seseorang, yang berpengaruh pada baik buruknya kondisi si terjangkit.

Kedua mengenai sistem imunitas tubuh pasien. Kekebalan tubuh ini bisa didapat dan dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga ringan hingga sedang secara teratur, menghindari stres, minum vitamin atau empon-empon (minuman herbal).

Ketiga mengenai kebersihan, bahwa setiap keluar rumah pastikan selalu membersihkan diri, mandi, mengganti pakaian, cuci tangan, dan menyemprotkan disinfektan ke seluruh benda maupun perabotan yang dibawa ke luar rumah maupun yang ada di dalam rumah.

"Gunakan disinfektan laveme yang sudah teruji klinis oleh BPOM dan diakui WHO. Semprotkan pada bagian-bagian rumah yang sering dipegang, atau pada benda-benda yang selalu dibawa, seperti handphone. Semprotkan juga ke seluruh ruangan, karena penularan covid-19 kini bisa melalui airborne (udara)," saran dr Sonia.

Untuk menghindari stres yang dapat menurunkan imunitas tubuh, berikut saran dr Sonia:

1. Tetap Cari Informasi, Tapi Jangan Berlebihan

Batasi informasi yang Anda akses. Mendapat informasi terkini terkait pendemo memang penting, namun tetap tidak boleh berlebihan.

2. Fokus Pada Hal Yang Bisa Dikontrol

Help Guide menyarankan agar Anda fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol. Misalnya, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting, menggunakan masker dan menjaga jarak ketika berkegiatan di luar rumah, dan rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

3. Tetap Jalin Komunikasi Dengan Orang Lain

Jaga komunikasi, atur jadwal video call dengan teman, sahabat, dan anggota keluarga yang lain. Intinya, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain.

4. Jaga Kesehatan

Mengutip dari Help Guide, salah satu cara mengelola stres adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Terapkan gaya hidup sehat, misalnya makan teratur, rajin meditasi, dan mendapat waktu istirahat yang cukup.

 

Close X

BRI Bantu UMKM Indonesia 'Naik Kelas'

Sebelumnya

Peran Instrumen ZISWAF Dalam Menghadapi Pandemi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah C&E