post image
KOMENTAR

SOSOK Atalia Ridwan Kamil alias Teh Cinta dikenal publik sebagai pribadi yang ramah, ceria, aktif, dan sangat kompak dengan sang suami, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil.

Hadir menjadi bintang tamu dalam ZoomTalk Farah.id bertajuk Bincang Santai Penuh Inspirasi Bersama Teh Cinta, Jumat, 18 September 2020, perempuan Sunda kelahiran 46 tahun silam ini menjawab berbagai pertanyaan para sahabat Farah seputar kiprahnya sebagai perempuan, tokoh publik, maupun sebagai ibu.

Sedikit menengok masa lalu, Teh Cinta pernah mengatakan bahwa alasan ia mendukung suami untuk masuk ke dunia politik dan menjadi pengabdi masyarakat adalah "karena orang baik tidak boleh berdiam diri". Keyakinan tersebut menjadi penguat langkah pasangan ini untuk menjalankan amanah sebagai Wali Kota Bandung.

Dan niat untuk mengabdi bagi kemaslahatan rakyat Bandung benar-benar dijalankan sebaik-baiknya. Berbagai prestasi tingkat nasional maupun internasional ditorehkan Ridwan Kamil, yang tentu saja mendapat dukungan hebat dari Teh Cinta dengan tanggung jawab tak kalah besar dari sang suami. Di antaranya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD yang bersentuhan langsung dengan pemberdayaan perempuan dan pendidikan anak.

Dukungan Teh Cinta bukan tanpa alasan. Ia melihat bahwa sang suami sangat fokus untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat tanpa memedulikan omongan orang yang mencoba menjelek-jelekkan.

"Ternyata ada suatu masa ketika berbuat kebaikan itu bisa menambah kecanduan. Seperti ketika kita memberi kepada orang lain dan itu membuat perasaan sangat bahagia. Apa yang sudah kami lakukan, ingin kami lakukan dengan lebih lagi. Kang Emil tidak pernah berpuas diri. Dia melihat masih banyak yang harus dikerjakan di luar sana," ujar Teh Cinta tentang keputusannya mendukung Kang Emil maju sebagai Gubernur Jawa Barat dua tahun lalu.

Alasan mulia itulah yang membuat Teh Cinta menyiapkan diri untuk tanggung jawab yang lebih besar. Cakupan wilayah yang lebih besar dan jumlah rakyat yang jauh lebih besar. Merasa sebagai orang asli Sunda, pasangan ini merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan tanah kelahiran mereka.

Di masa pandemi ini, semangat Teh Cinta untuk terus mengedukasi dan menyemangati masyarakat kian menyala. Menurutnya, dibutuhkan kreativitas dan pemanfaatan teknologi agar edukasi tersebut bisa sampai ke masyarakat meski terpisah jarak yang jauh.

Satu hal yang selalu menjadi penyemangatnya adalah kata-kata sang suami yang memotivasinya dengan mengatakan, "Bu Cinta pasti bisa. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan Bu Cinta."

Motivasi sang suami itulah yang membuat Teh Cinta tak lelah melakukan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan sambil terus mengembangkan diri. Salah satunya dengan mengambil kuliah S3 Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran Bandung di tengah kesibukannya sebagai ketua berbagai organisasi di Jawa Barat juga sebagai ibu dari Emmeril Khan Mumtaz, Camillia Laetitia Azzahra, dan si kecil Arkana Aidan Misbach—bayi 4 bulan yang memberi keceriaan baru di keluarganya.

Sosok Teh Cinta begitu menginspirasi banyak perempuan Indonesia dengan aura positif yang begitu terpancar. Saat ditanya apa rahasianya, Teh Cinta menjawab, "Selalu bersyukur dan bisa merasa bahagia dengan kondisi apa pun dalam hidup ini." (F)

 

Close X

Menyibak Rintangan Yang Dihadapi Perempuan di Panggung Politik Amerika. Akankah Kamala Harris Mengubah Keadaan?

Sebelumnya

Diana Rikasari: Fashion Blogger Indonesia dengan Segudang Prestasi Mengagumkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Women