post image
Pianis handal asal Tiongkok Lang Lang/ Net
KOMENTAR

SEORANG pianis handal asal Tiongkok Lang Lang percaya bahwa musik bisa menjadi obat terbaik untuk melewati masa-masa krisis seperti yang terjadi saat ini, terutama musik karya maestro Johann Sebastian Bach.

Lang mengatakan Bach telah menulis soundtrack yang sempurna untuk melewati masa-masa sulit seperti pandemik saat ini lebih dari 250 tahun yang lalu.

Pemain yang telah keliling dunia ini lahir di timur laut Shenyang pada tahun 1982 dan telah dikenal sebagai komposer romantis yang hebat.

Dia mengatakan, menguasai karya Bach telah menjadi bagian dari pencarian seumur hidupnya.

"Musik adalah obat yang baik di saat-saat tertentu," katanya kepada AFP menjelang rilis Variasi Goldberg versinya pada Jumat (4/9).

"Bach, jika kita membandingkannya dengan komposer hebat lainnya, memiliki kekuatan penyembuhan yang lebih besar," lanjutnya.

Lang telah memainkan 30 Variasi pada usia 10 tahun dan menguasai sepenuhnya tujuh tahun kemudian.

"Menghafalnya tidak terlalu sulit, karena aku memulainya lebih awal. Saya telah menunggu untuk benar-benar mengenal bagian itu lebih baik," ungkapnya.

Dengan adanya pandemik yang telah menghentikan seluruh kegiatan panggung musik langsung, kegiatan Lang yang biasanya produktif ikut terhenti. Setidaknya Lang melakukan 90 konser dalam setahun sebelum pandemik. Lang mengatakan dia sangat merindukan bermain di depan penonton.

"Yang paling saya lewatkan adalah pentasnya," kata Lang Lang, menambahkan bahwa dia berharap terobosan medis dapat membantu mengakhiri gangguan tersebut.

"Saya menunggu vaksinnya, saya mendapat suntikan dan saya melakukan perjalanan," ungkapnya.

Sebenarnya Lang tidak sepenuhnya absen dari penontonnya. Pada bulan April lalu ia menemani Celine Dion, Lady Gaga, Andrea Bocelli, dan John Legend dalam konser virtual untuk mendukung para pekerja kesehatan.

Dan terlepas dari kemasyhurannya di piano, dia mengatakan dia tidak akan memaksa anak-anaknya untuk belajar - tidak seperti ribuan orang tua di China yang anaknya belajar sejak usia muda.

"Jika dia ingin menjadi seorang pianis, maka mereka harus berlatih dan saya tidak tahu apakah saya akan mendorong mereka atau tidak," katanya.

Album terbaru miliknya itu didistribusikan oleh Deutsche Grammophon, berisi versi studio dan versi konser, direkam pada bulan Maret lalu di Gereja St. Thomas di Leipzig, di mana Johann Sebastian Bach dimakamkan.

Anda percaya? tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan.(F)

 

Close X

Raih Gelar Doktor & Predikat Cumlaude, Begini Perjuangan Oki Setiana Dewi

Sebelumnya

Tanggung Jawab Moral, Sebuah Konsekuensi Ketenaran Public Figure

Berikutnya

KOMENTAR ANDA