post image
Vivi Mar’i Zubedi/ Foto: IG @vivizubedidaily
KOMENTAR

VIVI Mar’i Zubedi adalah seorang desainer Indonesia yang sukses membawa koleksi busana muslim ke panggung dan pasar internasional. Memiliki gelar akademik di bidang Akuntansi Universitas Sumatera Utara dan sempat bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikannya, Vivi kemudian mantap memilih fesyen sebagai jalan hidup.

Sejak duduk di bangku sekolah, Vivi telah memutuskan belajar lebih dalam tentang industri mode. Ia belajar tentang dasar pembuatan pola kain dan sebagainya.

Awal menggeluti dunia fesyen, Vivi meluncurkan label pertama yang diambil dari namanya, VIVIZUBEDI. Koleksi perdananya tampil dalam Indonesia Fashion Week 2014.

Dengan fashion statement berupa abaya, VIVIZUBEDI sukses memperkenalkan modest fashion trend di industri fesyen global melalui New York Fashion Week selama tiga tahun berturut-turut (2017-2019). Kehadiran koleksi VIVIZUBEDI di New York tentu saja membawa harum nama Indonesia.

Tidak hanya sukses menjadi desainer sekaligus fashionpreneur yang membuka lapangan kerja bagi banyak orang, Vivi juga fokus bergerak di bidang kemanusiaan. Saat ini ia menjabat Ketua Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia yang memiliki visi menjalankan program-program sosial dalam kontribusinya menyejahterakan masyarakat Indonesia khususnya kaum dhuafa.

Dengan memerhatikan isu sosial dan ekonomi di Indonesia, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial terlebih di masa pandemi di antaranya program Sedekah #CegahCovid dan pembagian beras gratis di Banjar Baru.

Sebelumnya VIVIZUBEDI juga telah menjalankan beberapa program sosial di antaranya kampanye #1000MukenauntukIndonesia dan program pembangunan masjid di beberapa daerah di Indonesia.
Ia juga menginisiasi lahirnya IKRA (Indonesia Kreatif Syariah Indonesia) bersama Bank Indonesia. Saat ini ia menjadi salah satu dewan IKRA. Dengan misi women empower women, Vivi berusaha meneruskan visi pemberdayaan perempuan terutama di sektor industri fesyen.

Di masa pandemi, Vivi mengajak perempuan Indonesia untuk selalu percaya diri, beradaptasi dan mencari peluang, serta tetap produktif demi membangkitkan perekonomian Indonesia. Mengingat industri fesyen tak luput terkena dampak pandemi, Vivi mengimbau semua pihak untuk terus berjuang dan saling membantu satu sama lain agar mampu bertahan.

Dalam perjalanan kreatifnya bersama VIVIZUBEDI, Vivi menaruh perhatian besar terhadap pemberdayaan perempuan. Melalui bisnis fesyennya, Vivi terinspirasi memberdayakan kerajinan lokal hasil karya para perajin perempuan Indonesia dan berkolaborasi dengan mereka.

Pada New York Fashion Week 2018, Vivi menghadirkan koleksi Urang Banua yang terinspirasi Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan hasil kerajinan tangan para perajin perempuan di Kalimantan.

Selanjutnya pada program ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival) 2019, VIVIZUBEDI mempersembahkan The Purun Label dengan membeli kerajinan purun dari tangan perajin di Kalimantan. Koleksi tersebut didasari konsep sustainable fashion yaitu memberdayakan perempuan sebagai perajin dengan membuat produk fesyen yang tak hanya stylish tapi berkualitas tinggi dan peduli keberlangsungan lingkungan hidup.

Peran Vivi dalam bisnis dan pemberdayaan potensi perempuan Indonesia menjadi satu aspek leadership yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selaras dengan kepeduliannya, kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia mempersembahkan koleksi spesial “All About Scarf” dengan salah satu seri yaitu Archipelago Scarf. Seri terbaru ini diluncurkan untuk menyambut kemerdekaan Indonesia.

Archipelago Scarf menggambarkan keindahan dan keragaman motif etnik yang tersebar di seluruh nusantara, dikombinasikan dengan desain kontemporer VZ monogram hingga memberi kesan kuat namun tetap elegan.

Koleksi “All About Scarf” dipersembahkan kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka di masyarakat. Di antaranya ada Ingrid Kansil (bidang politik), Tini Sardadi (enterpreneurship), Shinta Bubu (digital muslimahpreneur).

Kampanye #FromVIVIZUBEDIto Indonesia diharapkan dapat memberi semangat emansipasi bagi perempuan Indonesia untuk terus memaksimalkan potensi diri dan menginspirasi masyarakat terutama di era pandemi.

Kini, Vivi menatap masa depan dengan optimis. Ia siap mengukuhkan eksistensi VIVIZUBEDI di pasar Eropa, Amerika, dan Timur Tengah dengan memberdayakan UMKM industri kreatif Tanah Air. (F)

 

 

 

 

 

Close X

Louis Vuitton Luncurkan Face Shield Mewah Seharga Hampir Rp 15 Juta, Tertarik Beli?

Sebelumnya

Nina Nugroho: Optimis Membangun Bisnis Fesyen Bagi Pemula

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Fashion