Sejumlah orang mengante di luar apotek di tengah pandemi Covid-19 di Almaty, Kazakhstan/Reuters
Sejumlah orang mengante di luar apotek di tengah pandemi Covid-19 di Almaty, Kazakhstan/Reuters
KOMENTAR

PEMERINTAH Kazakhstan berencana untuk menerapkan kembali lockdown untuk kedua kalinya mulai Minggu (5/7) mendatang. Namun lockdown kali ini akan diberlakukan lebih "lunak".

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memerangi lonjakan kasus virus corona atau Covid-19.

Pada masa lockdown kedua ini, pemerintah akan menutup beberapa bisnis yang tidak penting, membatasi perjalanan antar provinsi, memotong jam operasional angkutan umum dan melarang pertemuan publik.

Namun tindakan semacam itu mungkin diperketat atau diperpanjang di kemudian hari.

Channel News Asia pada Kamis (2/7) mengabarkan bahwa Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev memerintahkan pembatasan baru setelah terjadi lonjakan kasus infeksi virus corona di negara Asia Tengah itu.

Tidak tanggung-tanggung, kasus infeksi virus corona melonjak tujuh kali lipat setelah lockdown pertama dihentikan pada pertengahan Mei lalu.

Namun lockdown kedua kali ini diberlakukan tidak lebih ketat daripada lockdown pertama. Pada masa lockdown kedua ini, negara bekas republik Soviet yang berpenduduk 19 juta orang itu akan tetap menjaga transportasi udara dan kereta api antara provinsi dan dengan sejumlah negara dengan jumlah terbatas.

Selain itu, warga Kazakhstan akan diizinkan untuk meninggalkan rumah mereka untuk berjalan-jalan tetapi hanya dalam kelompok kecil yang tidak lebih dari tiga orang.

Selain itu, dan kafe dan restoran juga akan dapat tetap terbuka jika mereka memiliki tempat duduk di luar ruangan.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News