Putri Reema binti Bandar bin Sultan/Net
Putri Reema binti Bandar bin Sultan/Net
KOMENTAR

PUTRI Reema binti Bandar bin Sultan direkomendasikan untuk menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Mengutip dari Arab News, Jumat (12/6), ia akan bersaing dengan lima kandidat lain termasuk tiga wanita dan dua pria. Mereka dinominasikan untuk menjadi anggota oleh dewan eksekutif IOC, dan nominasi mereka akan disetujui selama sesi IOC yang akan berlangsung pada 17 Juli mendatang.

Putri Reema sendiri saat ini menjabat sebagai dutabesar Arab Saudi untuk AS sejak Februari 2019, sekaligus menjadi wanita pertama yang memegang jabatan itu.

Dia menamatkan pendidikannya di Universitas George Washington sebagai sarjana dalam studi museum.

Usai menamatkan pendidikannya, Putri reema memulai langkahnya sebagai pengusaha muda yang peduli terhadap wanita.

Dia menjabat selama beberapa tahun sebagai CEO Alfa International, sebuah perusahaan ritel mewah terkemuka yang, di antara pengejaran lainnya, mengoperasikan toko Harvey Nichols di Riyadh.

Sebagai CEO Harvey Nichols di Riyadh, Putri Reema memimpin masuknya perempuan ke dalam sektor ritel, bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja untuk menciptakan jalan masuk pasar tenaga kerja yang lancar.

Putri Reema adalah wirausahawan aktif, peran profesionalnya termasuk pendiri dan direktur kreatif Baraboux, merek tas tangan mewah yang ia luncurkan pada 2013.

Tak sampai disitu, pada 2013, ia mendirikan Alf Khair, sebuah perusahaan sosial yang bertujuan meningkatkan modal profesional wanita Saudi melalui kurikulum yang dikembangkan untuk memungkinkan swasembada finansial.

Pada tahun 2016, Putri Reema memutuskan untuk meninggalkan sektor swasta untuk memulai karir dalam pelayanan publik sebagai wakil presiden untuk urusan wanita di Otoritas Olahraga Umum Saudi.

Kesuksesannya memimpin membuatnya dipromosikan menjadi wakil pembangunan dan perencanaan pada Januari 2018. Di tahun yang sama, yakni pada Oktober, ia juga ditunjuk sebagai presiden Federasi Partisipasi Massa, menjadikannya wanita pertama yang memimpin federasi multi-olahraga di Kerajaan Arab Saudi, sebuah peran yang dia tempati sampai pengangkatannya sebagai duta besar Saudi untuk AS.

Putri Reema menjadi anggota Komite Olimpiade Arab Saudi sejak 2017 dan anggota IOC Women in Sports Commission sejak 2018.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women