WNI yang dipulangkan/Net
WNI yang dipulangkan/Net
KOMENTAR

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Bangkok kembali memfasilitasi kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) khususnya WNI stranded atau yang terjebak di Thailand, pada 2 Mei 2020.

Kepulangan ini melalui penerbangan repatriasi mandiri gelombang ketiga yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia dan berangkat  dari bandara Suvarnabhumi Bangkok.

Sebanyak 170 WNI dari berbagai daerah di Thailand termasuk Thailand Selatan yang pulang pada gelombang ketiga ini.

Repatriasi ini juga dilakukan guna menyikapi kebijakan Pemerintah Thailand yang memperpanjang pelarangan inbound commercial flights ke Thailand dari tanggal 1 Mei sampai tanggal 31 Mei 2020.  

"Pelarangan akses masuk penerbangan komersial ke Thailand berakhir 30 April 2020, namun otoritas terkait Thailand masih memberlakukan kebijakan ketat, salah satunya melalui perpanjangan pelarangan akses penerbangan komersial internasional," bunyi keterangan KBRI dlam rilis resminya yang diterima Farah.  

"Hanya penerbangan dengan izin khusus, termasuk misi repatriasi yang dapat masuk ke Thailand. Dalam hal ini, KBRI Bangkok kembali bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Thailand dan otoritas Thailand terkait lainnya untuk pemberian izin khusus kepada penerbangan repatriasi mandiri tersebut," terang Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI, Nur Rokhmah Hidayah.

KBRI Bangkok secara aktif melakukan diseminasi informasi ketersediaan penerbangan ini melalui website, akun media sosial, dan hotline KBRI Bangkok untuk mendorong WNI memanfaatkan secara maksimal penerbangan ini di tengah ketidakpastian akses masuk ke Thailand.

Fasilitasi yang dilakukan oleh KBRI Bangkok dalam repatriasi mandiri WNI ini tidak lepas dari upaya perlindungan WNI di luar negeri dan juga sebagai bukti konkret dari prinsip Negara Hadir.

Sebelumnya KBRI Bangkok tercatat telah melakukan dua kali penerbangan repatriasi mandiri untuk WNI selama bulan April yaitu pada 20 dan 23 April 2020 lalu.

Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, Kementerian Luar Negeri Thailand dan otoritas bandara atas kerja samanya dalam misi ini.

Ia berharap, setelah WNI kembali dan tiba di Indonesia melakukan isolasi mandiri dengan tetap tinggal di rumah.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News