Mal/Net
Mal/Net
KOMENTAR

PANDEMI Covid-19 yang disebabkan virus corona berimbas pada dunia usaha khususnya kuliner. Hingga hari ini, sudah 6.800 restoran yang berada di sejumlah mal yang tutup karena dampak dari virus tersebut.

"Yang pasti dari mal saja itu sudah hampir lebih dari 6.800 restoran tutup," kata Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin saat dihubungi, Minggu (19/4).

Emil mengatakan imbas pandemic Covid-19 ini, banyak pusat perbelanjaan berhenti beroperasi sehingga restoran di dalamnya terpaksa ikut tutup. Paling tidak, lanjutnya, ada 700 mal di Indonesia yang di dalamnya berdiri gerai-gerai kuliner.

Bisnis restoran yang paling banyak terdampak kondisi tersebut tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Namun memang ada beberapa restoran yang masih bisa buka di dalam mal, misalnya yang di area lobi. Itu pun tak melayani makan di tempat.

"Yang di dalam mal karena dari 700 sekian mal di Indonesia itu yang di Jawa Bali kan tutup tuh paling banyak hampir 60%. Itu sudah tutup semua. Jadi yang di mal sudah praktis tutup," ujarnya.

Emil menjelaskan belum ada angka pasti untuk keseluruhan restoran yang tutup termasuk di luar mal. Sebab tidak semua pengusaha kuliner melaporkan ke asosiasi mengenai kondisi bisnis mereka.

"Saya nggak bisa dapat angka pastinya atau daftar restoran mana saja yang sudah tutup, karena pengusaha restoran ini agak sensitif lain dengan hotel," ucapnya.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News