Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama/Net
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama/Net
KOMENTAR

MANTAN presiden Amerika Serikat Barack Obama memiliki pesan tersendiri bagi sekelompok walikota di Amerika Serikat yang saat ini tengah berjuang menangani pasien virus corona atau Covid-19 dan menghentikan penyebarannya.

Obama menekankan, kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam situasi ini adalah memberi informasi yang salah.

"Bicaralah yang sebenarnya. Berbicaralah dengan jelas. Berbicaralah dengan belas kasih. Berbicaralah dengan empati untuk apa yang orang alami," kata Obama saat berbicara selama pertemuan virtual yang diselenggarakan oleh Bloomberg Philanthropies, seperti dimuat CNN (Jumat, 10/4).

Pada kesempatan yang sama, Obama juga mendorong para walikota untuk mengundang sebanyak mungkin penasihat dan pakar yang cerdas.

"Semakin banyak orang pintar yang ada di sekitar Anda, dan semakin tidak malu untuk mengajukan pertanyaan, semakin baik respons Anda," kata Obama.

Ini adalah pertemuan virtual keempat yang dilakukan kelompok Bloomberg dengan sekelompok walikota di Amerika Serikat.

Dua dari pertemuan sebelumnya telah menampilkan pidato dari mantan Presiden George W. Bush dan Bill Clinton.

Obama sendiri kerap mengeluarka pernyataan kepada publik soal pentingnya kehati-hatian dalam menghadapi wabah virus corona yang saat ini terjadi.

Sebelumnya pada hari Rabu (8/4), Obama membuat cuitan yang menyebut bahwa tidak layak untuk melonggarkan langkah-langkah saat ini untuk memerangi penyebaran virus corona tanpa sistem pengujian dan pemantauan yang kuat. Hal ini, menurutnya, belum lakukan di seluruh negeri.

Sebelumnya, pada akhir bulan lalu, Obama mendesak warga Amerika Serikat untuk terus menjaga jarak sosial dalam upaya membendung penyebaran virus corona.

Obama juga sempat berterima kasih kepada petugas kesehatan masyarakat, memuji mereka karena memberikan segalanya untuk menangani wabah. Dia pun mendesak sesama warga Amerika untuk mencontohkan perilaku tersebut agar tidak egois.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News