Dewi Sandra/Net
Dewi Sandra/Net
KOMENTAR

PENUTUPAN sebagian wilayah Masjidil Haram serta area tawaf di dekat Ka\'bah yang dilakukan oleh pihak berwenang Arab Saudi sejak Kamis (5/3) hingga Jumat (6/3) menjadi sorotan banyak umat muslim di dunia.

Foto-foto dari sejumlah media yang beredar secara online menunjukkan kondisi di sekitar Ka\'bah yang kosong dari jamaah.

Pengosongan ini sebenarnya hanya dilakukan sementara agar pihak berwenang bisa melakukan pembersihan dan sterilisasi di area tersebut. Hal itu adalah bagian dari upaya Arab Saudi untuk melindungi situs suci umat Islam tersebut dari virus corona yang saat ini tengah mewabah di lebih dari 80 negara di dunia.

Banyak pihak yang terkejut dengan kondisi tersebut, pasalnya, area di sekitar Ka\'bah biasanya tidak pernah sepi dari jamaah yang melakukan tawaf mengelilingi Ka\'bah.

Aktris Dewi Sandra juga ikut menyoroti hal tersebut. Melalui unggahan di akun Instagramnya @dewisandra pada Jumat (7/3), dia menyebut bahwa kondisi Ka\'bah yang sepi jamaah itu merupakan bentuk ujian.

"Ujian yang paling berat adalah ujian yang tidak terasa seperti ujian. Dikarenakan hati yang keras, mata yang tak mau melihat dan telinga yang sudah tak mau mendengar," tulisnya, beserta unggahan foto Ka\'bah yang sepi.

Dia menambahkan bahwa tanda-tanda kebesaran-Nya selalu muncul dalam kehidupan kita setiap hari dalam beraneka ragam bentuk yang terkadang kita lewatkan begitu saja.

"Apa yang dirasakan ketika melihat gambar ini," kata Dewi, merujuk pada foto Ka\'bah yang sepi.

"Saya yakin 10.000 persen tidak akan ada yang sama," sambungnya.

"Untuk sebagian dari kita mungkin ini biasa saja. Untuk sebagian lain mungkin ini termasuk ujian dari Allah untuk kami semua," jelas Dewi.

Bagi Dewi sendiri, kondisi Ka\'bah yang sepi adalah bentuk dari kuasa Allah yang Maha membolak-balikkan kondisi.

"Ini bermula dari virus yang sangat sangat kecil, tidak terlihat oleh mata namun dipercayai seluruh dunia. Dan masihkah ada yang mempertanyakan Tuhan?," tambahnya.

Menurutnya, kondisi Ka\'bah yang kosong adalah hal yang tidak pernah dia bayangkan dalam hidup.

"Ini membuktikan bahwa manusia hanyalah makhluk yang lemah. Lemah selemahnya dan bodoh sebodohnya," tulisnya.

"Semoga Allah dengan segala kebijaksanaan-Nya mengampuni semua dosa-dosa dan izinkan kami untuk bertobat, memperbaiki dan mendekatkan diri kepada-Nya," demikian Dewi.

Di akhir komentarnya, dia menulis catatan bahwa meskipun area tawaf sekitar Ka\'bah kosong, namun lantai dua dan tiga di Masjidil Haram masih banyak jamaah yang melakukan tawaf.




Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Sebelumnya

Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment