Poster Burger King yang Jadi Perbincangan Warga Net/Net
Poster Burger King yang Jadi Perbincangan Warga Net/Net
KOMENTAR

NETIZEN memang jeli. Kejeliannya ini kerap meruntuhkan pertahanan siapa saja yang mendapatkan kritikan atau komentarnya. Termasuk Restoran cepat saji Burger King (BK).

Pada akhir Januari lalu, BK mememasang poster 'Ungkapan Cinta' untuk McDonald (McD) yang harus menutup salah satu gerainya yang terletak tak jauh dari restoran BK di kawasan Akibara, Tokyo.

Poster itu bertuliskan kalimat: "Terima kasih atas 22 tahun yang bahagia. Saingan yang terhormat, dan teman yang mencintai di wilayah Akihabara, kami tampil sebaik mungkin karena Anda dekat."

Poster itu dipasang sejak Januari, saat gerai McD di kawasan Akibara, hanya beberapa pintu  dari restoran BK, ditutup.
 
Gerai McD di sana telah 22 tahun beroperasi tetapi terpaksa harus tutup. Jelang penutupannya, McD memasang poster  terima kasih di luar tokonya.

Akihabara adalah distrik perbelanjaan yang ramai. Kawasan ini terkenal di kalangan Traveler berkat aneka toko elektronik dan budaya geek. BK hanya berjarak dua pintu dari gerai McD.

"Tanpa kamu di sini, McDonald's, kami bersedih. Sangat egois bagi kita untuk mengatakan ini, tapi tolong semuanya, pergi ke McDonald's hari ini," lanjut BK dalam posternya, untuk membalas poster terima kasih yang dipajang McD di depan gerainya.

Netizen yang selalu jeli, menangkap pesan tersembunyi dalam isi poster tersebut. Banyak yang mengatakan itu adalah bentuk sindiran: BK merasa menang.  

Kalau dibaca secara vertikal, kalimat "watashi tachi no kachi" adalah berarti  "kami menang" dalam Bahasa Jepang.

Kalimat Jepang biasanya dibaca dari atas ke bawah. Tapi, kalimat-kalimat dari BK ini mengikuti susunan Bahasa Inggris, di mana kalimatnya dibaca dari kiri ke kanan. Itu yang diperdebatkan netizen.

Pengguna Twitter di Jepang pun mendebatkan hal ini.

"Saya melihat komentar itu dengan berpikir bahwa itu adalah pesan yang mengharukan, tetapi ketika saya membaca kalimat itu secara vertikal, saya merinding," kata akun Twitter BA_RenKun.

Akun lain juga menuliskan hal yang senada.

"BK merasa menang, lawannya telah tutup," ujar netizen lain dengan akun Ku_rei.

Setelah melalui perundingan, akhirnya manajemen  BK mengubah pesan tersebut pada Senin lalu.

Masih tetap dengan poster seorang karyawan Burger King membungkuk hormat untuk menyampaikan bahwa kedua toko itu adalah teman baik dan saingan. Namun, kali ini dengan kalimat yang lebih manis, "wasurenai yo" atau "Kami tidak akan melupakan Anda."

Perubahan kalimat pada poster itu kembali menuai komentar.

"Ohhh, Burger King di Akihabara mengganti poster mereka," komentar akun Twitter @ ESP_Believe_777.

"Wahh, BK tidak mau terlihat sombong, tapi sebetulnya begitu," ujar akun lainnya.

Burger King Jepang, dalam wawancara dengan stasiun televise setempat, menyatakan rasa terima kasih atas semua perhatian yang diberikan kepada perusahaan mereka dan teman baiknya McDonald's.

BK merasa tidak perlu lagi menanggapi apa pandangan netizen.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News