Thomas Alva Edison/Net
Thomas Alva Edison/Net
KOMENTAR

PENGHUJUNG tahun, apa yang kita ingat?

Ternyata, di tanggal 31 Desember, di saat menjelang pergantian tahun, Thomas Alva Edison untuk pertama kalinya mendemonstrasikan bola lampu pijar.

Lampu-lampu buatan penemu asal Amerika Serikat itu kemudian berhasil menerangi jalan di Menlo Park, New Jersey, mengubah malam menjadi seperti siang, membuat cantik malam pergantian tahun 31 Desember 1879.

Masyarakat begitu antutias dengan penemuan itu, dan mereka berbondong-bondong melihat keindahan cahaya malam di Menlo Park. Perusahaan Kereta Api Pennsylvania akhirnya membuat rute kereta api khusus ke Menlo Park.

Desa Menlo Park yang sepi kemudian berubah, sebuah tontonan malam tahun baru yang bercahaya dan tak tertandingi menjadi hiburan yang menggembirakan bagi masyarakat desa kecil itu. Begitu penumpang kereta turun, mereka langsung memandangi langit dengan heran. Cahaya lampu membuat mereka bergembira.

Sebenarnya, lampu pijar pertama telah diproduksi 40 tahun sebelumnya, tetapi tidak ada penemu yang mampu membuat desain yang praktis sampai Thomas Alva Edison menerima tantangan pada akhir 1870-an.

Setelah pengujian yang tak terhitung jumlahnya, ia mengembangkan filamen benang karbon tahan tinggi yang menyala terus selama berjam-jam dan generator listrik yang cukup canggih untuk memberi daya pada sistem pencahayaan besar.

Thomas Alva Edison lahir sebagai anak yang punya keingintahuan tinggi. Kelahiran  Milan tahun 1847 ini adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara, pasangan Samuel Ogden Edison Jr dan Nancy Matthews Elliot.

Sekolahnya hanya sebentar, Edison dianggap sebagai murid yang sering tertinggal dan dianggap tidak berbakat. Dia mengalami masalah pendengaran serius pada usia dini, dan kecacatan ini memberikan motivasi bagi banyak penemuannya.

Di antara penemuan-penemuan penting lainnya, Edison dan asistennya mengembangkan bola lampu pijar praktis pertama pada 1879 dan pendahulu kamera film dan proyektor pada akhir 1880-an.

Ia adalah penemu paling produktif dalam sejarah yang terus bekerja hingga usia 80-an.

Edison meninggal dunia pada 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun di rumahnya Glenmont, Llewellyn Park, West Orange karena komplikasi diabetes.




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News