Prabowo Subianto bersama Megawati Soekarno Putri/Net
Prabowo Subianto bersama Megawati Soekarno Putri/Net
KOMENTAR

TERPILIH sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo nampak bersemangat. Terlihat menghadiri Sidang Kabinet Pertama di Istana Negara, Kamis (24/10), Prabowo yang datang dengan wajah cerah ternyata masih menggunakan kendaraan pribadinya, Alphard putih bernopol B 108 PSD.

Sosok Ketua Umum Gerinda ini cukup menyita perhatian dimulai saat kehadirannya yang merapat ke istana, Senin (21/10).

Hal-hal lain yang unik pada sosok yang menghabiskan masa kecilnya di luar negeri ini, terlihat saat pengenalan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju.

Ketika itu, Prabowo memilih kemeja batik bernuansa cokelat-hijau dengan sentuhan putih dan hitam. Kemeja batik itu memiliki berbagai jenis corak batik klasik. Setiap motif batiknya pun menyiratkan makna tersendiri.  Motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Motif ini bermakna pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus-menerus, kebijaksanaan dalam gerak, dan kehati-hatian dalam bertindak. Pada zaman dahulu motif batik yang dikenakan Prabowo ini hanya boleh dipakai oeh Raja. 

Lalu pada bagian tengah kemeja batik yang dikenaka Prabowo juga terdapat motif Gurda.  Motif Gurda, berasal dari kata Garuda, di mana terdapat kedua sayap mengembang serta badan dan ekor. Dalam budaya Jawa, burung Garuda mempunyai kedudukan yang penting, karena merupakan tunggangan Batara Wisnu yang merupakan Dewa Matahari.

Selain Parang dan Gurda, terlihat motif kawung di bagian belakang kemeja. Corak kawung mempunyai makna yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Batik ini berpola bulatan serupa dengan buah kawung yang ditata rapi secara geometris.

Yang menarik, kemeja batiklah yang pernah dikenakan Prabowo Subianto di acara pertemuannya dengan Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jakarta Pusat, pada Juli lalu.

Hal lain yang menarik dari pria yang menghabiskan SMA-nya di American School, London, pada kurun waktu 1964-1967, adalah didampingi sang anak, Didit Hediprasetyo, saat pelantikan menteri kabinet, Rabu (24/10)

Prabowo dan Didit yang datang dengan setelan jas berwarna gelap. Mereka bersalaman dengan Jokowi-Ma'ruf Amin. Keakraban ayah dan  anak ini juga menyita perhatian.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News