Hillary Brigitta Lasut/Net
Hillary Brigitta Lasut/Net
KOMENTAR

ADA yang bening di acara pelantikan anggota DPR 2019-2024 yang berlangsung hari ini, Selasa (1/10).

Dialah Hillary Brigitta Lasut, tercatat sebagai anggota termuda DPR dari Partai Nasdem. Perempuan berusia 23 tahun ini untuk pertama kalinya akan menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Utara, dengan perolehan suara sebanya 70.345 pada Pemilu 2019.

Kelahiran Manado 22 Mei 1996 ini terjun ke dunia politik karena terispirasi dari kedua orangtuanya yang merupakan Bupati Minahasa Tenggara 2008 - 2013 (ibunya) dan Bupati Kepulauan Talaud 2019 - 2024 (ayahnya).

Sejak sekolah,  Hillary pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Setelah lulus SMA, Hillary memutuskan untuk mengambil studi S1 Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan (UPH). Kemudian, ia melanjutkan studi S2 di Washington University.

Hillary berharap dirinya dapat menempati posisi sebagai anggota Komisi III yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan. "Kalau di Partai Nasdem kita itu diminta memberikan tiga pilihan. Pilihan saya itu di Komisi III karena background saya hukum, di Komisi I untuk pertahanan ya karena masih di koridor yang sama," kata Hillary.

Selain ada yang muda belia, ada juga anggota tertua. Usianya 80 tahun. Politikus Partai Demokrat, Abdul Wahab Dalimunthe, menjadi anggota DPR tertua yang akan dilantik untuk keanggotaan periode 2019 - 2024  Ia terpilih sebagai anggota DPR untuk daerah pemilihan Sumatera Utara I.

Kelahiran Rantau Prapat 10 Januari 1939 ini memiliki rekam jejak politik. Di antaranya, birokrat dan politikus senior di Medan, Sumatera Utara. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tapanuli Utara tahun 1985. Kemudian, ia menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 1998-2003.  Ia juga pernah menjadi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara (2004 - 2009).

Prosesi pelantikan anggota DPR digelar di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).




RAN P3AKS KemenPPPA: Lindungi Perempuan dan Anak di Situasi Konflik

Sebelumnya

Kencangkan Dukungan ke Palestina, Universitas Siber Muhammadiyah Gelar Aksi Hybrid dan Penggalangan Dana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News