KOMENTAR

HAL yang sangat ditunggu oleh anak saat libur sekolah tiba adalah pergi wisata bersama keluarga. Bunda dan Ayah, ada beberapa hal yang patut kita perhatikan untuk menciptakan suasana wisata liburan yang nyaman, berkesan, dan tentu saja menyenangkan.

Pastikan Kita Memilih Tempat Wisata yang Aman dan Disukai Anak-anak

Hindari memaksa anak untuk mau mengunjungi tempat wisata bila     hanya kita yang menginginkan. Terlebih bila anak akan merasa takut atau tidak nyaman bila mendatangi tempat tersebut.

Berikan alternatif yang sesuai, dan biarkan anak memilih. Umumnya mereka akan senang bila mendatangi objek wisata yang banyak menyediakan wahana permainan anak, kebun bintang, perpustakaan besar, atau wisata out bound.

Tentu kita wajib menyesuaikan dengan usianya. Bila ingin mengajak liburan ke semua tempat, atur jarak kunjungan sebaik mungkin supaya anak tidak kelelahan dan sakit.

Pakai Baju dengan Warna yang Sama

Sering kita mendengar ada anak yang hilang terpisah dengan orangtuanya di tengah keramaian tempat wisata. Untuk menghindari hal itu, selain meningkatkan kewaspadaan, Bunda, suami, dan anak-anak dapat memakai baju/kaos yang sama dengan warna yang mencolok agar mudah dicari bila tersasar di keramaian.

 

 

Sablon atau Tempel di Kertas  Kecil Tertulis Nomer HP Anda pada Baju Anak

Beberapa orang saat ini sudah terbiasa memasangkan tanda, seperti no hape orangtua di baju si kecil, sebagai petunjuk jika dia benar-benar hilang. Hal itu berguna membantu petugas menginformasikan keberadaan anak Anda.

Tak Lupa Bawa Stroller

Mungkin banyak yang berpikiran kalau stroller tidak begitu penting dan cukup membuat repot. Namun ternyata, membawa stroller saat pergi liburan bisa mengurangi beban Anda. Si kecil yang merasa lelah dapat Anda naikkan ke stroller agar tidak rewel atau berkeliaran.

Siapkan Makanan yang Cukup

Bila membawa anak saat liburan tentu kita harus menyiapkan persediaan makanan yang cukup. Dari cemilan, susu, permen, roti, sampai makanan beratnya. Jangan lupa persediaan buah-buahan dan obat-obatan pribadi.

Pastikan Anak Sudah Pergi ke Toilet

Sebelum berkeliling tempat wisata yang cukup jauh, bisakan anak pergi ke toilet dulu untuk buang air kecil atau besar. Atau bila masih memakai popok, jangan lupa ganti dengan popok yang baru agar anak merasa nyaman dan tidak rewel saat menikmati liburan.




Dengarkan Remajamu

Sebelumnya

Bunda, Yuk Persiapkan Mental Si Kecil untuk Semangat Kembali ke Sekolah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting