KOMENTAR

DI Qatar, setelah berpuasa selama dua minggu, atau hari ke 14  Ramadan, anak-anak Muslim di sana  merayakan ritual yang disebut Garangao.  Garangao berasal dari kata gara, dalam bahasa Khaliji yang berarti mendengar suara-suara yang saling berbunyi.  Ini adalah bentuk suka cita karena telah sukses berpuasa sampai pertengahan Ramadan.  Tradisi ini sangat disukai anak-anak karena mereka menerima hadiah.

Setelah shalat magrib, anak-anak memakai pakaian tradisional Arab dan membawa tas kecil. Mereka berkeliling ke rumah para tetangga.

Di depan pintu rumah-rumah tetangga anak-anak  bernyanyi sambil menepukkan dua batu untuk menciptakan irama. Pada masa lalu mereka akan diberi kurma, beras, atau gandum, namun sekarang mereka diberi kacang atau permen.

Selain Garangao, ada lagi tradisi unik Qatar yang disebut Al Nafla. Sama, dilakukan pada hari ke 14 bulan Ramadan. Pada acara ini, seluruh umat muslim saling berbagi. Ibu-ibu menyiapkan dan mengatur makanan untuk keluarga dan juga dibagikan ke tetangga yang kurang beruntung.

Selain itu, setiap keluarga juga mulai bersiap-siap menyediakan kebutuhan bahan makanan pokok selama sebulan ke depan, sehingga selama bulan puasa benar-benar lebih fokus beribadah.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News