KOMENTAR

DALAM Rangka Pendampingan Pelaksanaan Pengembangan Program Home Care bagi lanjut usia non potensial, Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Oriz Al Dzikri Sowite, mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Lanjut Usia (27/4). Ini merupakan salah satu program kerja LRSLU “Minaula” Kendari.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Puskesmas Katobu serta pengurus serta pendamping lansia LKS-LU Oriz Al Dzikri Sowite. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan bagi pendamping lansia dalam melaksanakan tugas dampingan kepada lanjut usia non potensial di Kabupaten Muna. Ada 18 orang peserta dari pengurus LKS, pendamping, tokoh masyarakat, dan Dinas Sosial Kabupaten Muna.

Danang Prasetya Utomo, petugas LRSLU “Minaula” Kendari, mengatakan, “Lanjut usia non potensial sudah selayaknya diberikan perhatian khusus, terlebih lagi bagi lanjut usia yang hidup sebatang kara. Karena mereka yang membutuhkan peran pendamping lansia, sehingga dengan diadakannya Bimtek ini bisa menjadi bekal ilmu dan kemampuan praktis bagi pendamping lansia dalam menjalankan peran dan tugasnya”.

Program pendampingan lansia ini juga didukung oleh Mustafa selaku Kepala Puskesmas Katobu yang mengharapkan bisa men-sinkronkan kegiatan kunjungan rumah Puskesmas dengan kegiatan pendampingan pelaksanaan Home Care dalam mengatasi masalah bio-psiko-sosio-spiritual lanjut usia. Pendamping lansia beserta pengurus LKS dibekali materi pembelajaran mengenai Basic Kelanjutusiaan,  Fundraising dan Teknik Penggalangan Kemitraan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Tehnik Pendampingan, serta Tahapan Pendampingan Lanjut Usia, yang notabene merupakan dasar utama bagi seorang pendamping lansia dalam melaksanakan tugas dan perannya di lapangan. Disamping itu, pendamping lansia juga diberikan motivasi dan penguatan untuk senantiasa bekerja dengan ikhlas yang dilandaskan dengan rasa cinta dan kasih sayang.

“Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi kepada semua pihak, terutama para pendamping lansia, yang telah mengikuti kegiatan Bimtek Pendamping Lansia ini. Semoga dengan diadakannnya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan lanjut usia di Kabupaten Muna,” tutur La Takari, selaku Kabid Rehsos Dinas Sosial Kabupaten Muna.




Banjir Bandang Lahar Dingin Terjang Sejumlah Wilayah Sekitar Gunung Marapi Sumbar, BNPB: Masyarakat Harus Waspada Bahaya Susulan

Sebelumnya

Jemaah Haji Tak Boleh Melepas Gelang dan Kalung Identitas Selama di Tanah Suci, Ini Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News