KOMENTAR

MASIH dalam suasana Hari Kartini, inilah perempuan-perempuan hebat di dunia yang terkenal dengan penemuannyayang berguna bagi kehidupan.

Obat anti Jamur, Rachel Fuller Brown dan Elizabeth Lee Hazen

Obat anti jamur yang efektif, nistatin, ditemukan pada tahun 1950 oleh Elizabeth Lee Hazen (1885-1975)  dan Rachel Fuller Brown (1898-1980). Penelitian mereka diakui oleh Divisi Laboratorium dan Penelitian dari New York State Departemen Kesehatan.

Hazen lahir di Kaya, Mississippi. Dia menjadi yatim piatu pada usia tiga tahun. Dia menyelesaikan sekolahnya di Mississippi University lalu menjadi pengajar Fisika dan Biologi untuk SMA. Sementara Brown lahir di Springfield, Massachusetts.  Dia mendapat bea siswa di Mount Holyoke College. Lalu dia meneruskan ke  Holyoke dan mengambil jurusan sejarah dan kimia. Penemuan mereka pada nistatin dipatenkan pada 1950.                   

TipEx, Nesmith Bette Graham

Tahun 1952, Graham menjadi sekretaris eksklusif yang sering mengetik dokumen penting. Ia adalah orang yang sangat berhati-hati.  Dia tidak ingin mengulang ketikan dokumen setiap kali ada kesalahan dalam mengetik teks. Dia berpikir untuk menciptakan sesuatu yang bisa memudahkan pekerjaannya.  Graham meramu sendiri cat putih dilengkapi dengan kuas kecil yang kemudian dia namai “Mistake Out”.  Inilah yang kemudian  kita kenal dengan TipEx. Temuannya itu juga disukai teman-temannya. Akhirnya ia mendirikan pabrik Mistake Out. Sampai saat ini temuannya itu sangat berguna.

 

 

Sarah Breedlove McWilliams Walker

Sebagai anak dari petani miskin yang tinggal di perkebunan Burney di Delta, Sarah terpaksa harus menikah muda untuk bertahan hidup. Sayangnya, pernikahannya tidak berjalan baik. Sarah berusaha bangkit dan menjadi pekerja di sebuah tempat kecantikan sebagai tukang cuci. Berawal dari kulit kepalanya yang gatal-gatal dan rambutnya yang rontok, Sarah pun mulai mempelajari perawatan rambut dari saudara-saudaranya yang sudah lebih dulu bekerja di salon kecantikan itu. Tahun 1905, Sarah menemukan sebuah metode untuk menghaluskan rambut wanita, pengobatan pengkondisian untuk meluruskan rambut. Dimulai dengan pintu-ke-pintu penjualan kosmetiknya, Madame CJ Walker mengumpulkan uang. Pada tahun 1910 ia membangun pabrik di Indianapolis untuk memproduksi kosmetiknya itu. Sarah meninggal pada tahun 1919. Dia dikenal sebagai salah satu eksekutif bisnis paling sukses di  awal abad kedua puluh. Penemuan Sarah inilah yang sekarang kita kenal dengan rebonding.

Josephine Cochran

Karena sering kerepotan mencuci piring, Cochran pun menciptakan sebuah alat untuk memudahkan pekerjaannya. Setelah lulus SMA, tepatnya ketika berusia 19 tahun, Cochran menikah dengan William Cochran. Meski kehidupanya semakin membaik tetapi dia merasa tetap ingin mencari sesuatu yang baru yang harus dia lakukan. Suatu pagi dia sudah disibukkan dengan segunung cucian piring sampai-sampai sabunnya memenuhi tangan hingga sikunya. Terbitlah ide mengapa tidak menciptakan mesin yang memudahkan pekerjaannya. Dia langsung pergi ke perpustakaan dan mencari petunjuk. Dalam waktu setengah jam Cochrane memiliki konsep dasar untuk mesin cuci piring mekanik pertama.       

Mary Anderson

Perempuan yang lahir di County Greene, Alabama, Amerika pada tahun 1866 ini adalah penemu perangkat untuk membersihkan jendela mobil yang kita kenal dengan sebutan wiper.

Dalam suatu kunjungan ke New York City  pada musim dingin tahun 1902,  ia melihat sang supir mengalami kendala ketika hujan es turun dan mengaburkan kaca jendela depan. Itu sangat menganggu pandangan dan berbahaya. Saat kembali ke Alabama dia menyewa seorang desainer untuk membuat apa yang dia pikirkan. Akhirnya terciptalah wiper. Mary kemudian mencoba memproduksi alat itu dan mematenkannya.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women