post image
KOMENTAR

TIDAK nyaman atau kurang percaya diri saat berhijab? Barangkali bukan model hijab yang jadi sebab. Bahan hijab yang tidak nyaman saat digunakan juga kerap menjadi keluhan.Terlebih bila harus digunakan seharian. Cari tahu jenis kain hijab agar kita bisa mendapatkan kenyamanan yang diharapkan.

1. Katun

Hijab dengan bahan katun ini tergolong halus dan nyaman dipakai sehari-hari. Kekurangannya, bahan katun sulit dikreasikan karena sifatnya agak kaku dan tebal. Bahan katun ini juga dapat menyerap keringat, halus, nyaman dan dingin sehingga cocok dipakai sehari-hari bahkan saat siang hari. Meskipun bahannya halus, perawatannya tidak terlalu sulit karena tidak mudah kusut, berbulu dan luntur.

Kita bisa menggunakan hijab katun ke berbagai kesempatan baik acara santai, kantor ataupun ke pesta. Ada beberapa jenis katun yang biasa digunakan, yaitu kain katun combed dan dan katun caded. Kain katun combed lebih halus seratnya, sedangkan kain caded serat benangnya kurang halus dan rajutannya kurang rata. Bahan katun sendiri terbuat murni dari 100 % kapas alami sehingga menjadikan kain ini halus, dingin, nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik.  

2. Jersey

Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus dan biasanya digunakan untuk hijab syar’i karena mempunyai tekstur yang tebal, kesannya jatuh saat dipakai, lembut dan dingin sehingga nyaman saat dipakai sehari-hari. Karena teksturnya yang jatuh tersebut akan membuat wajah yang menggunakannya terlihat lebih berisi.

3. Spandex

Bahan spandex hampir sama dengan kaos, akan tetapi bahan spandex lebih tipis dan ada yang bercorak mengkilap. Spandex merupakan bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Teksturnya halus, lentur, lembut dan nyaman digunakan sehingga harganya juga relatif mahal. Kelebihan dari hijab berbahan spandek adalah kemampuan menyerap keringat sangat baik sehingga tetap nyaman untuk digunakan saat cuaca panas. Hijab berbahan spandex juga lebih mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan keinginan karena elastis. Kekurangannya adalah bahan ini mudah melar jika dicuci dengan cara yang kurang benar.

 

Equator Treasure, Panggung Kolaborasi Beauty & Fashion Show Persembahan Wardah

Sebelumnya

MARYAM by MAYRA, Chic dan Simple Untuk Beragam Aktivitas Muslimah Masa Kini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion World