Asia World MUN VIII/Ist.
Asia World MUN VIII/Ist.
KOMENTAR

ASIA World Model United Nations (AWMUN) akan kembali hadir dengan edisi ke-8 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 12-15 Juli 2024. Sebelumnya, AWMUN telah diselenggarakan di berbagai kota di dunia, seperti Seoul dan Bangkok serta telah memiliki sekitar 7.000 alumni. 

AWMUN adalah konferensi simulasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan untuk menginspirasi generasi muda dalam memahami diplomasi internasional, keterampilan negosiasi, dan kepemimpinan global.

AWMUN VIII akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Centre yang merupakan venue berkelas dunia dan telah digunakan untuk acara-acara besar seperti G20, World Water Forum 2024, dan banyak konferensi internasional lainnya. Pemilihan venue ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada delegate AWMUN dan bisa merasakan suasana bagaimana pemimpin dunia berdiplomasi dan negosiasi.

Acara bergengsi naungan International Global Network ini akan menjadi wadah bagi para pemuda berusia 15-25 tahun dari seluruh dunia untuk berkumpul dan berdiskusi tentang isu-isu global yang relevan. Pendaftaran peserta telah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 17 Juni 2024. Sampai saat ini, total ada 11 negara yang telah mengonfirmasi kehadirannya di helatan akbar AWMUN VIII tersebut.

Peserta Asia World MUN dari berbagai negara.

Penyelenggaraan AWMUN VIII tidak terlepas dari dukungan luar biasa yang diberikan oleh Telkomsel. Dukungan ini memiliki kesamaan visi dan misi yakni untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan global.

Tahun ini, AWMUN VIII akan mengusung tema “Exploring the Interplay of Development: Globalizations and Localization”. Tema AWMUN VIII menyoroti bagaimana globalisasi dan lokalisasi dapat saling memengaruhi dan memperkaya proses pembangunan. Globalisasi membuka peluang bagi pertukaran budaya, ekonomi, dan teknologi, sementara lokalisasi memastikan bahwa perkembangan tersebut tetap relevan dan bermanfaat bagi komunitas lokal.

Melalui diskusi dan simulasi di AWMUN VIII, peserta akan diajak untuk mengeksplorasi dinamika ini dan menemukan cara-cara inovatif untuk memadukan keduanya demi pembangunan yang berkelanjutan. AWMUN VIII akan menghadir empat council (komite) yang dapat dipilih peserta dalam kegiatan meeting session, yaitu:

  1. UNICEF, dengan tema ‘Protecting the Future: Ensuring Education, Health, and Safety for Children in Gaza
  2. UNESCO, dengan tema ‘Emergences of Artificial Intelligence: A Support or A Threat to Quality Education
  3. UNWTO, dengan tema ‘Harnessing Sustainable Tourism Practice: Balancing Economic Growth with Environmental Preservation
  4. UNEP, dengan tema ‘Accelerating the Transition to Green Economy

Acara bergengsi rencananya juga akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. Kehadiran beliau akan menambah kemeriahan acara dan memberikan inspirasi bagi para peserta mengenai pentingnya peran pemuda dalam diplomasi global.

Bersuara untuk dunia yang lebih baik.

Detail Acara:

  • Tanggal: 12-15 Juli 2024
  • Venue: Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) dan Garuda Wisnu Kencana (GWK)*
  • Hotel Akomodasi: Bali Paragon Hotel
  • Tema: Exploring the Interplay of Development: Globalization and Localization
  • Peserta: Dapat diikuti pemuda usia 15-25 tahun sebagai delegasi (peserta di luar rentang usia tersebut dapat mendaftar sebagai observer)

Agenda Kegiatan:

  • Opening Ceremony
  • MUN 101 (Pelatihan dasar tentang Model United Nations)
  • Meeting Session 
  • Gala Dinner
  • City Tour
  • Cultural Performance
  • Closing Ceremony

Asia World MUN mengundang siswa, mahasiswa, dan pemuda dari seluruh dunia, terutama Indonesia, untuk bergabung dan berpartisipasi dalam forum ini. Dengan berbagai topik yang akan dibahas di setiap komite, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berdebat, dan membangun jejaring internasional.

Beberapa sekolah yang asal Indonesia yang menjadi alumni AWMUN adalah SMAN 8 Jakarta, High Scope Indonesia, SMA IT Nurul Fikri, Global Mandiri School, Surabaya European School, SMA Labschool Kebayoran, Santa Ursula BSD School, SMA Taruna Nusantara, SPK Penabur International, School Dwiwarna Senior High Boarding School, Global Prestasi School, SMAN 5 Semarang, SMAN 2 Surabaya, MAN Insan Cendekia Jambi, SMAIT Plus Cordova, SMAS Cendana PHR Duri, SMA Tarakanita 1 Jakarta, SMAN 1 Bekasi, SMA Lentera Harapan Tomohon, dan masih banyak lagi.

Program AWMUN ini tidak hanya terbuka untuk siswa/i SMA saja, namun juga mahasiswa/i perguruan tinggi dan fresh graduates. Beberapa universitas asal Indonsia yang pernah menjadi alumni AWMUN adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Binus University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Pendidikan Nasional, Universitas Sriwijaya, Universitas Riau, dan masih banyak lagi.

Generasi muda jadi duta global.

Proses Pendaftaran:

  1. Registrasi di Website: https://modelunitednation.org/join/awmun?batch=8
  2. Nantikan hasil seleksi selambat-lambatnya 3x24 jam. Pengumuman kelolosan akan diinformasikan via email.
  3. Program ini merupakan program mandiri (self-funded). Untuk berpartisipasi, delegasi yang lolos proses seleksi akan mendapatkan informasi untuk melakukan pembayaran.
  4. Setelah melakukan pembayaran, peserta akan mendapatkan alokasi council dan country

Tentang International Global Network:

International Global Network (IGN) adalah organisasi yang bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, termasuk konferensi Model United Nations ini. AWMUN dan berbagai program International Global Network lainnya telah menjadi platform bagi sekitar 21.000 pemuda untuk memahami lebih dalam tentang dinamika hubungan internasional dan masalah global.

Muhammad Fahrizal selaku Presiden IGN berkata bahwa dirinya membangun International Global Network dengan tujuan demi menghubungkan generasi muda dari seluruh dunia untuk merangkai mimpinya bersama-sama. “Sebagaimana motto dari IGN itu sendiri, ‘Connecting Dreams’,” ujarnya.




Komnas Perempuan: Saatnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) Dihormati dan Diakui Hak-haknya Selaku Warga Negara Indonesia

Sebelumnya

Palang Merah Indonesia Berkomitmen Melanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News