Literasi keuangan syariah BMS di Ngabers Masjid Istiqlal Jakarta (3/4)
Literasi keuangan syariah BMS di Ngabers Masjid Istiqlal Jakarta (3/4)
KOMENTAR

MEMANFAATKAN bulan suci Ramadan sebagai momen untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam bermuamalah, Bank Mega Syariah menghadirkan literasi keuangan syariah untuk menjelaskan penggunaan produk dan layanan keuangan yang sesuai prinsip syariah

Apalagi saat ini produk dan layanan bank syariah mampu bersaing dengan bank konvensional. Salah satu contohnya aplikasi Mobile banking dari Bank Mega Syariah yaitu M Syariah yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja.

Digital Business Group Head Bank Mega Syariah, Sigit Suryawan mengatakan, M-Syariah  punya sederet keunggulan seperti pembukaan rekening tabungan secara online, top up e-wallet, hingga fitur yang mendukung aktivitas ibadah seperti pembayaran ZISWAF hingga arah kiblat.

Salah satu fitur terbaru M-Syariah adalah membuka Tabungan Haji secara online. Sigit menjelaskan, dalam waktu satu bulan setelah peluncurannya di akhir Januari 2024, nasabah yang membuka tabungan haji dari M-Syariah telah mencapai lebih dari 1.500 nasabah.

“Ke depannya kita akan mengintegrasikan tabungan haji dengan beberapa service yang semakin memudahkan nasabah  dalam merencanakan ibadah haji,” ujar Sigit Suryawan dalam talkshow di acara Ngabers (Ngaji Bareng Imam Besar) di Masjid Istiqlal Jakarta pada Rabu (3/4).

Selain produk tabungan haji digital, Bank Mega syariah juga memiliki dua produk haji lain yaitu produk tabungan haji dan tabungan haji anak. Nasabah juga bisa mendapatkan kemudahan untuk jasa pengurusan pendaftaran porsi Haji Khusus melalui program Flexy Mitra Mabrur.

Sebagai informasi, hingga kuartal I 2024 volume tabungan haji Bank Mega Syariah tumbuh 3,99%  secara tahunan (year on year) menjadi lebih dari Rp 254 miliar dibandingkan kuartal I 2023.

Untuk meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji, Bank Mega Syariah bekerjasama dengan pemberi referral seperti kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), Majelis taklim, Universitas, sekolah, instansi pemerintah dan swasta, koperasi, BPRS,  dan perorangan.

Selain itu, Bank Mega Syariah juga memiliki berbagai program menarik untuk nasabah diantaranya program umroh berhadiah tabungan haji serta program berhadiah sajadah untuk setiap pembukaan rekening tabungan haji dengan setoran tertentu.

Selain memberikan kemudahan dalam pendaftaran haji, Bank Mega Syariah juga mendukung program wakaf melalui aplikasi M-Syariah. Bank Mega Syariah  telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) dan telah menjalin kerja sama dengan 14 lembaga zakat terpercaya.

Direktur Pengembangan Wakaf Istiqlal Global Fund (IGF) Nur Khayyin Muhdlor mengungkapkan ada tiga jenis filantropi dalam Islam,  pertama sedekah, infak dan wakaf. Kelebihan wakaf dibandingkan dengan infak dan sedekah adalah pahalanya yang dapat terus menerus mengalir walaupun orang yang berwakaf (waqif) meninggal dunia.

Banyak program wakaf yang dimiliki IGF salah satunya wakaf uang atau cash waqf linked sukuk (CWLS). Banyak sektor yang dapat didukung oleh hasil kelolaan dana wakaf diantaranya sosial, kesehatan, pendidikan hingga energi.

“Di era digital sekarang  ini masyarakat semakin mudah berwakaf, baik melalui aplikasi mobile banking maupun melalui website/microsite,” demikian disampaikan Nur Khayyin dalam keterangan yang diterima Farah.id.




Ikatan Penerbit Indonesia Dukung Peluncuran Buku Pemenang Lomba Menulis Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2023

Sebelumnya

Kumala Academy Siap Mencetak Pebisnis Hospitality dan F&B yang Handal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E