Perempuan sibuk belanja online/Freepik
Perempuan sibuk belanja online/Freepik
KOMENTAR

BULAN puasa identik dengan pengeluaran rumah tangga yang lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.

Betapa tidak, takjil dan menu berbuka, belum lagi urusan buka puasa bersama di restoran atau mal kerap menguras dompet lebih dari 11 bulan lainnya.

Berikut ini tips ahli keuangan yang Farah rangkum dari berbagai sumber, terutama agar ibu rumah tangga tetap bisa berhemat selama bulan Ramadan.

Membeli makanan sesuai kebutuhan

Hati-hati saat berburu takjil, biasanya kita menjadi ‘lapar mata’ dan berkeinginan untuk membeli berbagai penganan.

Perlu diingat bahwa harga bahan makanan di bulan puasa biasanya melonjak.  Karena itu, sesuaikanlah makanan yang akan dibeli dengan kebutuhan orang di rumah. Jika kebutuhan makan sahur dan berbuka sudah cukup, kita sebenarnya tidak perlu lagi membeli makanan tambahan.

Memanfaatkan diskon untuk membeli berbagai kebutuhan

Marketplace mana yang tidak menawarkan diskon di bulan Ramadan? Rasanya tidak ada. Semua berlomba-lomba memberikan potongan harga dengan harapan saat berada di dalam rumah pun, kita bisa berbelanja tanpa terkendala waktu dan tenaga.

Tetap menabung

Bulan puasa bukan berarti kita pun ‘puasa’ menabung. Kita tetap harus mengupayakan agar cash flow berjalan baik dan tabungan kita tidak berkurang. Belajar dari pandemi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di esok hari. Maka jangan pernah tidak menabung.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family