Syukuran HUT PWI ke-78 di gedung Dewan Pers (9/2)/Ist.
Syukuran HUT PWI ke-78 di gedung Dewan Pers (9/2)/Ist.
KOMENTAR

HARI Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pada tahun ini, PWI genap berusia 78 tahun. PWI merupakan organisasi wartawan terbesar dan tertua di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengingatkan PWI yang memiliki misi suci sejak kelahirannya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Hal tersebut disampaikan Menkominfo saat peringatan ulang tahun ke-78 PWI dan Hari Pers Nasional (HPN) di kantor PWI Pusat di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat pada Jumat (9/2).

Turut hadir dalam syukuran HUT ke-78 PWI tersebut segenap pengurus PWI termasuk Ketua Dewan Penasihat Ilham Bintang dan Ketua Dewan Pakar Agus Sudibyo, konstituen Dewan Pers seperti AJI, ATVSI, dan AMSI, serta Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Hari kelahiran PWI ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional berdasarkan Keppres Nomor 5 Tahun 1985. Pada tahun ini, puncak perayaan HPN akan diselenggarakan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta pada 20 Februari dengan tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa.

“Pers nasional sebagai pilar keempat demokrasi punya peran sentral dalam sejarah Indonesia. Demikian pula PWI, sejak kelahirannya 78 tahun lalu telah membawa misi suci yakni mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Menkominfo.

Budi Arie juga mengingatkan tantangan disrupsi teknologi yang semakin meluas, yang menjadi tantangan besar bagi pers nasional untuk bersikap profesional.

Ia menjamin pemerintah akan membantu keberlanjutan pers nasional sekaligus mengeluarkan regulasi yang diharapkan dapat memperkuat insan pers.

“Pada puncak Hari Pers Nasional 20 Februari mendatang, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan Keppres tentang Publisher Rights. Semoga dengan regulasi pers tersebut, insan pers akan berbahagia,” kata Menkominfo.

Regulasi tersebut diharapkan membantu mewujudkan keberlanjutan karya jurnalistik dan kehidupan media yang berkualitas.

Dalam acara syukuran tersebut, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun memaparkan bahwa jumlah anggota PWI saat ini mencapai 24.000 wartawan.

Ia menyatakan harapannya agar segenap insan pers semakin bersemangat merawat demokrasi dan berkomitmen penuh terhadap kemerdekaan pers.




Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Sebelumnya

Mahasiswa LSPR Gelar “Pesta Edas”, Tampilkan Ragam Kebudayaan dan Kesenian Khas Kampung Seni Edas Bogor

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E