DeLiang Al-Farabi/Instagram @ario_muhammad87
DeLiang Al-Farabi/Instagram @ario_muhammad87
KOMENTAR

MUHAMMAD DeLiang Al-Farabi yang merupakan putra sulung dari pasangan Ario Muhammad dan Ratih Nur Esti Anggraini, mempunyai bakat luar biasa dan telah menerbitkan 40 buku dalam bahasa Inggris.

DeLiang Al-Farabi lahir di Taipei, Taiwan, pada 18 Juni 2012, pada saat ibunya sedang menempuh studi magister.

DeLiang sempat menempuh pendidikan di Bistol, Inggris ketika kedua orang tuanya menempuh pendidikan S3 dan meraih gelar PhD. Pada tahun 2020, DeLiang Al-Farabi melanjutkan pendidikannya melalui homeschooling.

Dikutip dari wawancaranya bersama HaiBunda, DeLiang mengatakan bahwa bakat menulisnya muncul setelah ayahnya memberikannya sebuah buku berwarna silver. Ia kemudian mulai menulis cerita, dan membuat menarik perhatian ayahnya.

“Ayah terkesan dengan kemampuanku menulis, dan akhirnya dia membuat buku pertamaku yang berjudul DeLiang The Deer,” ungkap DeLiang.

Sang ayah mengungkapkan bahwa DeLiang pertama kali mendapatkan royalti saat usianya 10 tahun. Dari penjualan 5 buku seri ‘DeLiang The Deer’ dan juga 3 buku novel dengan genre komedi seperti ‘Dark Winter’, ‘Weird Family’, dan ‘Quirky Friends’, DeLiang mendapatkan penghasilan mencapai Rp20 juta.

“Jadi, yang sangat laku adalah 3 serial komedinya, ada sekitar 5.000 hingga 7.000 eksemplar di Indonesia. Ceritanya tentang keluarga aneh. Dia suka sekali komedi, jadi setiap cerita pasti ada unsur komedi yang agak absurd. Karena itu, pada bukunya, kami memberikan label panduan orang tua karena PG13, khawatir bahwa ibu-ibu di Indonesia mungkin menganggapnya kurang sopan,” ucap Ario.

Dalam unggahan akun Instagram @mood.jakarta terlihat momen di mana DeLiang Al-Farabi menjadi pengisi acara untuk webinar di depan laptopnya.

“Dari Trenggalek mengisi seminar di SD-SMP Polandia,” tertulis dalam video tersebut

“Ini adalah video DeLiang mengisi seminar literasi via zoom untuk salah satu sekolah SD-SMP di Polandia setelah balik sekolah dari UK 2 tahun lalu,” lanjutnya.

Beberapa buku milik DeLiang berhasil masuk top 15 dalam kategori buku komedi di situs Amazon Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 2019.

Salah satu bukunya yang berjudul “Rigel The Last Guardian” juga berhasil masuk ke top 75 novel Fantasy di situs yang sama pada 2020.

Melalui akun Instagram @ario_muhammad87, DeLiang Al-Farabi diketahui mempunyai kegemaran membaca buku sejak usianya masih kecil. Setiap tahunnya, DeLiang Al-Farabi setidaknya membaca lebih dari 300 buku. Dan pada tahun lalu, ia berhasil menyelesaikan 368 buku bacaan.




Melongok Universitas Tertua Al Quaraouiyine

Sebelumnya

Dakhla, Kota Bertemunya Gurun dan Laut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon