Situs Gunung Padang/Dok. Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat
Situs Gunung Padang/Dok. Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat
KOMENTAR

DALAM dunia arkeologi, Gunung Padang menjadi sebuah situs piramida bawah tanah yang sangat menarik karena dibangung di atas gunung berapi yang telah punah.

Betapa tidak, Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat ini digadang-gadang memiliki struktur piramida tertua di dunia. Gunung Padang bahkan berpotensi menyaingi struktur megalitik tertua yang pernah dibangun manusia di masa lampau. Hal itu disampaikan sejumlah arkeolog yang meneliti permukaan situs tersebut.

Dikutip dari Detik, para ilmuwan Tanah Air menyebutkan kemungkinan adanya ruang terbuka di bagian dalam Gunung Padang yang belum diketahui. Analisis ekstensif menunjukkan bahwa peradaban kuno telah memahat bukit lava dengan cermat menjadi inti struktur yang mirip piramida.

Penanggalan radiocarbon pertama dari situs tersebut menunjukkan bahwa konstruksi awal Gunung Padang kemungkinan dimulai sekitar periode glasial terakhir yaitu lebih dari 16.000 tahun lalu bahkan mungkin sekitar 27.000 tahun yang lalu.

Berdasarkan penelitian dari tim arkelog, ahli geologi, dan ahli geofisika, diketahui bahwa bagian inti struktur mungkin dibangun antara 25.000 - 14.000 SM. Namun kemudian ditinggalkan selama beberapa milenium.

Untuk memahami siapa orang-orang prasejarah itu dan alasan mereka membangun Gunung Padang, tentulah dibutuhkan penggalian lanjut yang lebih mendetail.

Ketika para peneliti menyelidiki bagian dalam lereng bukit menggunakan gelombang seismic, mereka menemukan bukti adanya rongga dan ruangan tersembunyi, beberapa di antaranya memiliki panjang hingga 15 meter dan langit-langit setinggi 10 meter. Mereka berharap bisa menjatuhkan kamera ke dalam kegelapan untuk melihat apa yang tersembunyi di bawah Gunung Padang.




Manis Istimewa Kurma Ajwa

Sebelumnya

Hari Kesehatan Dunia 2024: Lebih dari 269 Juta Penduduk Indonesia Sudah Menjadi Peserta JKN

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon