Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah/Instagram @idafauziyahnu
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah/Instagram @idafauziyahnu
KOMENTAR

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) dinobatkan sebagai juara umum Indonesia Digital Initiative Awards (IDIA) 2023 untuk kategori Kementerian.

Prestasi sebagai juara umum itu diperoleh karena Kemnaker berhasil meraih tiga penghargaan untuk tiga kategori yaitu Juara I Aplikasi Terbaik, Juara I Media Sosial, dan Juara II Website.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta (22/12) menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan Kementerian, lembaga, serta pemda untuk membangun digitalisasi di Indonesia.

Dari penelusuran Farah.id, berikut ini 3 (tiga) keunggulan Kemnaker yang membuatnya meraih prestasi gemilang di ajang IDIA 2023.

1# Untuk kategori Aplikasi Terbaik, Kemnaker membuat Sistem Informasi dan Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPKerja).

Di dalam SIAPKerja terdapat layanan utama yaitu Karirhub (informasi peluang dan lowongan pekerjaan), Skillhub (peningkatan kompetisi melalui vokasi), Sertihub (sertifikasi kompetensi terintegrasi dengan BNSP), dan layanan perluasan kesempatan kerja melalui kewirausahaan.

Bisa dikatakan bahwa informasi tentang ekosistem ketenagakerjaan tersaji secara digital di SIAPKerja.

2# Untuk kategori Media Sosial, Kemnaker mengoptimalkannya platform membagikan informasi seputar kebijakan, program, dan berbagai kegiatan yang dilakukan. Hal ini menjadi sebuah adaptasi dan inovasi di ruang digital yang berlandaskan viral based policy, di samping tentunya evidence-based policy.

3# Untuk kategori Website, Kemnaker juga memaksimalkan pemanfaatannya sebagai ruang interaksi antara pemerintah dan masyarakat seputar data, informasi, maupun layanan kepada masyarakat.




IISD Desak Presiden Jokowi Sahkan RPP Kesehatan: Optimalisasi Kesehatan Anak Menuju Visi Indonesia Emas 2045

Sebelumnya

Israel Akan Datang ke Qatar untuk Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata dan Pertukaran Sandera

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News