Para dokter dari Pepsodent memeriksa gigi anak-anak/Dok Pepsodent
Para dokter dari Pepsodent memeriksa gigi anak-anak/Dok Pepsodent
KOMENTAR

GUNA meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada sebanyak mungkin anak Indonesia, Pepsodent bersama Alfamart mempersembahkan program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” sebagai bagian dari penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023. Upaya kolaboratif yang diresmikan di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan dengan target menjangkau 100.000 siswa/i di 250 sekolah dasar yang tersebar di 12 kota di berbagai wilayah Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care & Professional Marketing Unilever Indonesia menjelaskan, selama lebih dari 75 tahun Pepsodent terus mewujudkan tujuan mulia untuk mendukung edukasi serta perawatan gigi dan mulut, salah satunya melalui penyelenggaraan BKGN setiap tahunnya.

Di 2023, BKGN mengangkat tema ‘Senyum Sehat Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat’, yang memberikan perhatian khusus pada kondisi masyarakat Indonesia yang kian rentan mengalami gigi berlubang akibat konsumsi gula yang semakin tinggi.

“Menurut data, sebanyak 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula secara berlebih, bahkan tahun ini konsumsi gula per kapita diproyeksi meningkat hingga 9% dari 2019. Tidak hanya pada orang dewasa, kecenderungan ini juga terlihat pada anak-anak,” ujar Distya.

Tentunya hal ini harus diwaspadai bersama, karena jika tidak disertai dengan kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik, anak-anak berisiko mengalami gigi berlubang. Sebab faktanya, hanya 2,8% masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur, sehingga edukasi dan pembiasaan sejak dini menjadi sangat penting.

Lebih lanjut, Joy Tarigan, Vice President Modern Trade Unilever Indonesia menjelaskan, pihaknya kali ini bermitra dengan Alfamart yang memiliki misi sejalan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Jaringan Alfamart yang menjangkau berbagai wilayah negeri juga memungkinkan Pepsodent untuk menghimpun lebih banyak masyarakat dalam mendukung misi mulia tersebut.

“Sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka, Alfamart menyambut baik kerja sama ini, di mana para karyawan terlibat langsung dalam kegiatan edukasi kesehatan mulut dan gigi di 250 sekolah dasar yang tersebar di 12 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Lampung, Makassar, Lombok, Papua, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bengkulu,” ucap Joy.

Bekerja sama pula dengan Yayasan Seribu Guru, melalui program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart”, setiap sekolah akan mendapatkan:

  1. Pelatihan guru untuk menjadi kader PHBS
  2. Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh BPS tahun 2021
  3. Statista, Per capita sugar consumption in Indonesia 2011-2031 
  4. Riset Kesehatan Dasar 2018
  5. Pembentukan dokter kecil di sekolah dan edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk siswa
  6. Produk perawatan kesehatan gigi dan mulut
  7. Fasilitas penunjang untuk sikat gigi bagi sekolah-sekolah terbaik

“Seluruh rangkaian program akan berlangsung mulai November 2023 hingga Maret 2024. Semoga kolaborasi ini akan membantu anak Indonesia lebih berprestasi dan percaya diri dengan Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat!” pungkas Distya.




Kebaya Week by Funky Kebaya Community: Serunya Melestarikan Warisan Budaya dengan Desain Inovatif dan Kekinian

Sebelumnya

Halal Fair 2024 Jakarta Siap Digelar Agustus: Destinasi Halal Lifestyle Terlengkap untuk Memajukan Ekonomi Syariah Sekaligus Memperkuat Karakter Muslim

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E