Hasil mencanting siswa SD di acara peringatan Hari Batik Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (2/10)/Ist
Hasil mencanting siswa SD di acara peringatan Hari Batik Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (2/10)/Ist
KOMENTAR

MEMPERINGATI Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap 2 Oktober, Koperasi Konsumen Batik Betawi (K2BaBe) menggelar acara Festival Batik 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sejak 30 September hingga 2 Oktober 2023.

Puncak dari rangkaian acara ini, tepat di 2 Oktober, diadakan acara Mencanting Bersama 1000 Anak SD se-Jakarta. Acara ini diikuti oleh siswa kelas V SD yang dikoordinir oleh Diknas Pendidikan DKI Jakarta, di mana masing-masing wilayah kotamadya mengirimkan 200 siswa dan masing-masing sekolah mengirimkan 5 siswanya.

Acara Mencanting Bersama 1000 Anak SD ini dibuka oleh Rulli Nuryanto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro, Kementerian Koperasi dan UMKM.

Dalam kata sambutannya, Rulli menggatakan sangat mengapresiasi acara encanting ini dan berharap anak-anak yang masih usia pelajar ini bisa lebih mengenal proses pembuatan batik.

“Menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melestarikan batik ini agar semakin berjaya, bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Acara ini bagus. Ini merupakan upaya mengenalkan batik, sehingga bisa lebih mencintai oleh masyarakat Indonesia,” ujar Rulli.

Lebih lanjut Rulli berharap, nantinya kegiatan ini jangan hanya berhenti di sini saja tapi juga bisa dikembangkan di sekolah-sekolah. Bukan hanya dalam bentuk pelajaran, tetapi secara reguler bahkan menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

Sementara itu Sugiyanto, ketua panita sekaligus ketua Koperasi Konsumen Batik Betawi menggatakan, kegiatan ini sudah diadakan di tingkat Kota Madya Jakarta Timur.

“Untuk hari ini menyertakan jenjang anak didik kelas V dari wilayah DKI Jakarta. Tujuannya untuk mengenalkan batik lebih dalam lagi melalui proses mencanting,” ujar Sugiyanto.

Beberapa hasil mencanting anak-anak dilelang, yang hasilnya akan diserahkan kepada Laskar Afresis Berbagi.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E