Ilustrasi makanan khas Jepang Sushi/NET
Ilustrasi makanan khas Jepang Sushi/NET
KOMENTAR

JENIS Ikan yang Dijadikan Sushi Jepang bisa Anda ketahui lewat paparan di artikel ini. Sushi merupakan hidangan ikan khas Jepang yang disajikan secara mentah mau pun matang.

Hidangan terkenal asal Jepang ini sangat populer tidak hanya di negeri asalnya, bahkan juga disukai oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Cita rasanya yang segar dan khas dari ikan, ditambah soyou yang gurih dan wasabi pedas, bikin sushi ini digandrungi oleh banyak orang dari berbagai usia.

Namun, dari sekian banyak jenis ikan yang diolah menjadi sushi, ada beberapa ikan yang kerap dijadikan hidangan segar tersebut dilansir dari Japan Today, Rabu (20/9).

1. Pacific Bluefin Tuna (Maguro): Ikan tuna tentu sudah tidak asing lagi di telinga sebab sering muncul sebagai opsi menu sushi. Namun, ternyata tidak sembarang tuna yang disukai oleh orang-orang Jepang. Orang Jepang biasanya suka maguro, khususnya bagian chutoro (bagian perut dan punggung) yang memiliki citarasa manis dan sedikit berlemak.

2. Salmon (Sake): Ikan jenis ini juga tidak kalah populer ditemukan sebagai pilihan makan sushi. Ikan salmon memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga banyak disukai oleh para wanita di Jepang. Biasanya, ikan ini dijadikan menu Salmon Nigiri yang merupakan bentuk hidangan sushi klasik di Jepang.

3. Cumi (Ika): Berbeda dengan orang Barat, Cumi sangat populer untuk dikonsumsi sebagai olahan makanan di negara Asia, seperti di Jepang. Cumi memiliki citarasa manis dan gurih, yang digemari oleh semua kalangan usia. Biasanya, cumi dihidangkan seperti salmon, sebagai Ika Nigiri yang merupakan sushi tradisional Jepang.

4. Horse Mackerel (Aji): Selain tuna dan salmon, orang-orang Jepang pun sangat menyukai ikan makarel sebagai olahan sushi. Sushi yang dibuat dari ikan makarel kuda ini biasanya disajikan mentah bersama jahe dan bawang putih sehingga memberikan citarasa gurih dan lezat bercampur menjadi satu.

5. Mackerel (Saba): Jenis makarel satu ini juga kerap dijadikan sushi oleh orang-orang Jepang. Biasanya, ikan ini diolah terlebih dahulu dengan cuka asin yang membantu menjaga kesegarannya. Sushi yang terbuat dari ikan ini pun sangat cocok untuk dinikmati ketika musim panas tiba.

 6. Belut (Unagi): Tidak kalah saing, unagi juga jadi salah satu jenis sushi yang sering dikonsumsi di Jepang. Ikan jenis ini memiliki citarasa khas yang unik, yang membuat orang-orang yang mengonsumsinya ketagihan. Biasanya, unagi dihidangkan secara mentah ataupun matang dengan dipanggang dengan kecap manis.




Empat Strategi Bank Mega Syariah Mempertahankan Likuiditas di Era Suku Bunga Tinggi

Sebelumnya

BJB Tawarkan Program Cashback untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan Obligasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon